Standar Kedalaman Sumur Bor Ideal yang Perlu Anda Ketahui

Sumur Bor Artesis

 

 

Untuk memperoleh air yang jernih dari sumur bor maka dibutuhkan kedalaman yang ideal sehingga air juga bisa keluar sendiri. Setiap wilayah dengan kondisi geografis yang berbeda tentu juga mempunyai standar yang berbeda dalam memperoleh air bersih dari sumur bor. Dengan melakukan pengeboran pada kedalaman sumur bor ideal maka anda bisa memperoleh sumber air yang bersih, bagus serta layak dikonsumsi. Selain itu kedalaman tanah minimal sumur bor ini bisa berpengaruh pada sumber air yang keluar apakah bersih ataukah tidak. Jika air sumur tersebut dipakai untuk dikonsumsi maka air tersebut harus benar-benar bersih dan layak.

Dalam pembuatan sumur bor dengan air bersih yang berkualitas dan bisa keluar sendiri maka diperlukan langkah teknis yang tepat. Sebetulnya tidaklah masalah jika ingin membuat sumur di dataran rendah maupun dataran tinggi. Selama cara pembuatan sumur tersebut benar maka bisa diperoleh air yang bersih dan lancar. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kedalaman sumur bor ideal supaya diperoleh sumber air terbaik.

1. Sumur Bor Lokasi di Dataran Rendah

Pembuatan sumur bor di daratan rendah sebaiknya menggunakan kedalaman ideal 4-10 meter sebetulnya bisa mengeluarkan air yang cukup melimpah. Tetapi untuk kedalaman sumur 4-10 meter biasanya struktur tanahnya cenderung berlumpur sehingga harus dilakukan pengeboran lagi agar mendapatkan lapisan tanah yang tidak berlumpur. Sehingga bisa ditemukan lapisan tanah yang berbatu, tanah cadas yang keras dan berpasir.

Air tanah yang ada di lapisan tanah bawah biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus karena jauh dari pencemaran lingkungan. Untuk menangkal adanya air permukaan berlumpur maka anda bisa memakai pipa casing di lubang sumur bor. Tujuannya agar air di dasar bisa melewati pipa sehingga air tetap bersih meskipun melewati lapisan tanah yang berlumpur. Dengan begitu air tersebut juga layak dipakai maupun dikonsumsi.

2. Sumur Bor di Dataran Tinggi

Untuk pembuatan sumur di dataran tinggi maka tingkat kedalaman idealnya yaitu lebih dari 20 meter. Biasanya di wilayah dataran tinggi akan lebih mudah diperoleh air bersih karena kebanyakan kualitas air di dataran tinggi memang lebih baik. Namun untuk memperoleh sumber air bersih tersebut dibutuhkan proses pengeboran yang tepat agar sumber air bisa keluar dengan lancar dan bisa keluar sendiri. Dengan kedalaman ideal lebih dari 20 meter, tentu biaya yang dibutuhkan juga lebih besar.

Namun biaya tersebut sebanding dengan hasil sumber air yang keluar lebih bersih dan bisa keluar air sendiri. Di kawasan dataran tinggi juga lebih minim pencemaran sehingga air dari sumur tersebut lebih layak dikonsumsi. Tetapi pemakaian pipa casing juga tetap diperlukan untuk melindungi lubang sumur supaya terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh longsor tanah.

 

Baca juga: Sumur Bor Pontianak
 

Demikianlah penjelasan mengenai kedalaman sumur bor ideal yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas bisa diketahui bahwa kedalaman sumur bor ternyata bukanlah satu-satunya penentu untuk memperoleh sumber air yang bersih dan layak. Tetapi ada faktor lain seperti struktur tanah dan wilayah sehingga anda bisa memperoleh air yang benar-benar bersih.

 

Tagged ,