Tips Mengatur Siklus Tidur

Tidur bukan hanya soal kuantitas, melainkan juga soal kualitas tidur. Jika anda tidur yang tidak berkualitas tentu juga tidak dapat memberikan efek yang positif bagi tubuh anda.

Yang dimaksud dengan tidur yang tidak berkualitas disini adalah tidur yang tidak sesuai dengan siklus yang diperlukan oleh tubuh. Berikut beberapa cara untuk mengatur siklus tidur, yaitu:

1. Membuat rutinitas tidur

Rutinitas tidur adalah kebiasaan anda untuk mematuhi jam tidur yang telah anda buat sendiri. Dalam semalam, tubuh sebaiknya tidur selama 7-8 jam. Cobalah untuk tidur mengikuti waktu tersebut dan lakukanlah selama seminggu agar tubuh anda terbiasa untuk tidur sesuai jadwal yang telah anda buat.

Anda mungkin akan merasa sedikit kesulitan dalam mengikuti aturan tersebut, tetapi cobalah perlahan setiap hari sampai anda terbiasa.

2. Mematikan lampu sebelum tidur

Tidur dalam kondisi gelap dapat membantu anda untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Pada saat anda berusaha tidur dengan lampu menyala umumnya anda akan lebih sulit untuk tertidur, mengapa? Hal ini karena cahaya tersebut akan menghambat self saraf dan menghambat pelepasan hormon melatonin yang membantu anda untuk tidur.

3. Gunakan Alarm

Sebelum anda tidur, usahakan atur alarm terlebih dahulu supaya anda tidak tidur berlebihan dan hindari menekan tombol snooze pada saat alarm anda berbunyi.

Ada baiknya anda melawan rasa ngantuk tersebut dan tidak melanjutkan tidur lebih lama agar tidak menimbulkan efek negatif pada tubuh anda.

 

4. Memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Sebelum anda tidur, sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi kafein (misalnya teh dan kopi), jangan minum terlalu banyak cairan sebelum anda tidur agar anda tidak perlu terbangun ditengah malam untuk buang air dan hindari mengkonsumsi alkohol sebelum anda tidur.

5. Rutin Olahraga

Orang-orang yang berolahraga sekitar 150 menit setiap minggu umumnya akan lebih mudah untuk tidur dimalam hari dan akan merasa lebih segar dipagi hari dibandingkan dengan mereka yang jarang berolahraga. Lakukanlah peregangan-peregangan yang lebih menenangkan sebelum anda tidur. Ingat olahraga bisa menimbulkan bau badan karena keringat berlebih, baca artikel cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis.

Itulah beberapa tips untuk mengatur siklus tidur anda. Lakukan kebiasaan tersebut setiap hari ya, jangan menyerah untuk mengatur siklus tidur anda karena siklus tidur yang teratur akan menghasilkan tidur yang berkualitas dan pastinya memberikan efek positif kepada tubuh kita.