Cara Mengatasi Black Screen Pada Komputer Dengan Langkah Praktis

Cara Mengatasi Black Screen Pada Komputer Dengan Langkah Praktis | Black screen merupakan kondisi dimana saat monitor di hidupkan masih berwarna hitam semuanya. Jadi kondisi ini terjadi diawal – awal ketika komputer sedang melakukan booting.  

Hal seperti ini sebenarnya sangat menghambat aktifitas dan pastinya untuk mengecek dimana letak kerusakannya ini pastinya tidak mudah. Karena dengan tidak nyala monitornya maka tidak bisa mengetahui apa gerangan yang terjadi pastinya karena tidak muncul di layar. Maka dari itu perlu mengetahui cara mengatasi kondisi ini sehingga bila terjadi masalah bisa mengatasi  tidak harus memanggil teknisi service komputer terdekat di lokasi anda.

Apa saja Penyebab terjadinya Black Screen Komputer?

Kalau saja PC yang ada mengalami black screen atau layar berwarna hitam pastinya ada hal – hal yang menjadian seperti itu. Ada beberapa yang menyebabkan hal ini seperti hardware yang rusak, cara setting yang kurang tepat, aplikasi yang tidak bagus, prosesor yang kotor sehingga menghambat kerja komputer.

Lalu bagaimana mengatasi komputer bila terjadi black screen

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa di gunakan untuk mengatasi masalah ini pada komputer anda, seperti :

Cek hardware

Langkah pertama kali yang bisa di lakukan adalah dengan mengecek kondisi perangkat keras dari komputernya sendiri. Maka dari itu periksa terlebih dahulu komponen yang ada seperti memeriksa kabel monitor dari PC ke monitornya sendiri apakah sudah terkoneksi dengan baik, cek apakah ada pin yang rusak, cek kipas bekerja dengan baik yang ada di prosesor, vga, psu.  

Gunakan Opsi Last Know Good Configuration

Fungsi fitur ini berguna untuk menggantikan conten current control set registry key dengan melakukan back dan copy ketika terakhir kali di gunakan. Sehingga bila memilih opsi ini maka komputer pastinya akan menjalankan hal yang sama saat login.

Gunakan opsi StartUp repair

Kegunaan bila kita melakukannya adalah untuk mengecek dan meneliti plus memperbaiki kerusakan yang ada pada komputer yang membuat tidak mampu untuk melakukan booting.

Restore

Memilih restore berarti akan mengembalikan setingan semula saat pertama kali berada dengan segala settingan yang ada. Tapi untuk menjalankannya sebelumnya harus di aktifkan dulu.

Gunakan Save Mode

Melakukan tindakan safe mode menjadi cara yang bisa di pilih untuk memperbaiki komputer. Ketika masuk safe mode komputer tidak bisa banyak menjalankan aplikasi dan hanya bisa menjalankan sedikit driver dan file yang memang di khususkan guna menjalankan windowsnya.

Gunakan fixshell

Salah satu aplikasi yang bisa di gunakan untuk membantu menyelesaikan masalah ini adalah Fixshell. Ketika di jalankan maka aplikasi ini bisa mereset windows shellnya atau biasa di sebut dengan interface grafis yang ada dan bisa juga mendisable malware yang ada.

Install ulang windows

Bila semua langkah di atas ini sudah di jalankan dan masih sama saja kondisinya, maka langkah terakhir yang bisa di pilih adalah dengan menginstall ulang windows yang ada. Bila ingin melakukan ini ada baiknya untuk memback up data yang ada sebelumnya. Karena komputer tidak bisa nyala maka bisa menggunakan windows lite.

Namun semua cara di atas ini sudah di lakukan step by step tapi masih sama saja hasilnya maka bisa mendatangi tempat servisan. Bila anda berada di sekitar jakarta anda bisa segera memanggil jasa service komputer jakarta yang akan datang ke lokasi anda. DI tangan mereka pastinya persoalan ini akan cepat teratasi.