10 Destinasi Wisata Di Sekitar Calon Ibukota Baru RI Yang Wajib Kamu Ketahui!

Sudah pada tahu kan kalau Kalimantan Timur bakal jadi ibukota Indonesia yang baru. Presiden Joko Widodo telah mengumumkan secara resmi bahwa pemindahan dari Jakarta ke Kalimantan Timur telah ditetapkan secara resmi pada hari Senin, 26 Agustus 2019. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke daerah calon ibukota, Yuk kita cari tahu destinasi wisata apa saja yang ada di Kalimantan Timur:

1. Pulau Derawan

Pulau Derawan merupakan destinasi wisata alam paling populer yang ada di Kalimantan Timur,       Pulau Derawan adalah surga tersembunyi yang harus kamu kunjungi. Karena ketika kamu berkunjung ke Pulau Derawan hamparan pasir putih dan air yang sangat jernih akan menyambutmu, tidak hanya sampai disitu banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan disini mulai dari snorkeling, surfing, diving, atau bahkan bermain disekitar bibir pantai.

2. Danau Labuan Cermin

Jika ingin berkunjung ke Danau Labuan Cermin kamu harus memakan waktu yang cukup lama sekitar 6 sampai 8 jam dari pusat kota Berau, namun lamanya perjalanan akan langsung terbayarkan dengan pemandangan yang disajikan disana. Selain itu danau ini memiliki berbagai macam keunikan seperti warna air yang sangat jernih sehingga kamu dapat melihat dasar danau dan juga danau ini memiliki dua rasa yaitu pada dasar danau merupakan air tawar sedangkan pada permukaan adalah air asin, sangat unik bukan?

3. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai terdapat di daerah Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara yang dapat kamu tempuh selama 1,5 sampai 2 jam melalui perjalanan darat dari kota Balikpapan. Di kawasan wisata ini terdapat Canopy Bridge sepanjang 64 meter yang menjadi daya tarik wisata ini.

4. Masjid Islamic Center

Selain wisata alamnya, di Kalimantan Timur juga terdapat wisata religi yang sangat terkenal yaitu Masjid Islamic Center Samarinda. Masjid ini terkenal karena merupakan termegah dan terbesar kedua se-Asia Tenggara setelah masjid istiqlal.

Selain destinasi wisata yang ada diatas masih banyak lagi destinasi wisata yang ada di Kalimantan Timur, namun dibawah ini kami akan memberi sedikit destinasi wisata yang juga ada di Kalimantan Timur tetapi di khususkan daerah Penajam Paser Utara dan sekitarnya, yuk simak wisata apa saja yang ada di PPU:

5. Pantai Corong

Hampir setengah dari wilayah PPU dikelilingi oleh laut sehingga masih cukup banyak wisata alam berupa pantai yang cukup menjanjikan, sehingga tidak perlu khawatir jika kamu di daerah ibukota tetapi tidak memiliki waktu banyak untuk keluar kota.

6. Pantai Nipah-Nipah

Selain Pantai Corong, ada pantai lain yang cukup menarik yaitu pantai Nipah-Nipah yang sangat dekat dari Pelabuhan Penajam, selain itu harga tiket masuk ke pantai ini sangat terjangkau. Jika ingin berlibur dengan keluarga anda tidak perlu bingung lagi.

7. Air Terjun Tembinus

Untuk pergi ke air terjun Tembinus anda memerlukan waktu sekitar 3 jam dari pusat kota, dan juga kunjungan untuk wisatawan sangat dibatasi. Oleh karena itu kalian harus tahu bahwa air terjun ini dibuka untuk umum hanya pada hari Sabtu dan Minggu, dan hanya sampai pukul 4 sore.

8. Penangkaran Rusa Penajam

Sesuai namanya tempat ini adalah Penangkaran Rusa, namun juga sering dijadikan tempat rekreasi oleh penduduk lokal. Untuk masuk ke tempat ini kamu harus membayar tiket masuk Rp.5.000,- saat weekend dan Rp.2.000,- saat hari biasa, sangat terjangkau bukan?

9. Samboja Wana Lestari

Samboja Wana Lestari merupakan pusat rehabilitasi Orangutan yang dikelola oleh Yayasan Borneo Orangutan Survival, banyak orangutan yang sedang di rehabilitasi atau dalam perawatan sebelum dikembalikan ke alam liar.

10. Hutan Mangrove Mentawir

Pengunjung tidak akan dipungut biaya masuk untuk mengunjungi kawasan wisata ini dan bebas untuk berfoto dimana saja. Masyarakat setempat tidak hanya memanfaatkan sebagai tempat wisata saja namun juga sebagai produk dan manfaat mangrove untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Sangat banyak kan destinasi wisata yang ada di Kalimantan Timur, dan jika kalian ingin mengunjungi pusat perbelanjaan tidak perlu bingung kota Samarinda dan Balikpapan sudah memiliki mall yang banyak dan lengkap. Jadi tunggu apalagi? Yuk berlibur ke Kalimantan Timur! Ingin informasi seputar wisata lainnya di kalimantan ? Klik disini wisata asyik.