Surga Wisata Di Kalimantan Barat

Kalimantan yang sangat luas yang memiliki kekayaan dunia serta objek wisata yang layak untuk dikunjungi. Daerah Kalimantan lebih dikenal dengan provinsi seribu sungai, karena kondisi geografisnya yang memiliki ratusan sungai besar dan kecil. Ada beberapa tempat wisata favorit yang banyak terdapat di Kalimantan Barat antara lain,

 

Air terjun mananggar

Air terjun mananggar juga sering disebut sebagai air terjun melanggar atau banangar yang merupakan Niagara dari borneo. Air terjun ini berada di kecamatan Air Besar, pantai Landak. Jika ingin menuju ke air terjun mananggar memerlukan waktu hingga 6 jam perjalanan dari Pontianak dan dilanjutkan dengan menggunakan perahu. Tetapi keindahan air terjun mananggar mengalahkan rasa lelah selama perjalanan.

Bukit Kelam

Bukit ini memiliki tinggi sekitar 900 mdpl yang juga merupakan ikon wisata kalimantan Barat. Bukit Kelam ini adalah bongkahan batu besar yang diklaim sebagai batu terbesar di dunia. Di Bukit Kelam kita akan disuguhkan pemandangan alam yang eksotis, yang dari puncak bukit ini kita dapat melihat secara luas kota Sintang dan hamparan hutan yang sangat luas. Di Bukit Kelam ini telah didirikan tangga untuk mempermudah pendakian, dan selama perjalanan mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan indah khas hutan Kalimantan serta beberapa pohon yang langka.

 

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang yang ada di Indonesia, dengan memiliki panjang sekitar 1,143 km dan merupakan urat nadi bagi masyarakat terutama Dayak dan Melayu yang hidup di sepanjang aliran sungai. Sungai Kapuas adalah salah satu transportasi yang murah,  di sungai ini yang dapat menghubungkan daerah satu ke daerah lain di Kalimantan Barat dari Pesisir Kalimantan daerah hingga pedalaman Putussibau. Sungai Kapuas juga dapat memberikan mata pencaharian bagi masyarakat sekitar yaitu sebagai nelayan.

 

Pantai temajuk

Sesuai dengan namanya pantai Temajuk terletak di desa Temajuk berada di sebelah utara bagian barat Pulau Kalimantan 4 km dari Teluk Melano Malaysia. Desa ini memiliki garis pantai sekitar 60 km dan itu yang merupakan daya tarik dari pantai ini dengan pasir yang berwarna coklat dipadukan dengan laut luas yang biru.

 

Pulau selimpai

Di Pulau ini kita akan disajikan dengan hutan pinus, pantai laut dan sungai. Memiliki hamparan pasir yang sangat landai dihiasi dengan pohon pinus yang sangat tinggi menjulang yang merupakan daya tarik tersendiri di Pulau ini. Ada pulau pohon cemara yang berbaris rapi memberi kesan yang lebih eksotis lagi di Pulau selimpai ini.

Web www.wisataasyik.com/ telah banyak bahas wisata di Indonesia. Silahkan eksplorasi disana. Semoga bermanfaat.