Tips Memilih Botol Plastik yang Tepat dan Aman Untuk Digunakan

Kini botol minum atau tumbler sudah menjadi trend bagi sebagian orang. Kebiasaan membawa botol minum sendiri juga dilakukan untuk mengurangi sampah plastik. Tak hanya itu, harganya juga terbilang murah, sehingga bisa menghemat pengeluaranmu.

Zaman now banyak sekali botol air meneral dengan berbagai macam merk. Jika kita membiasakan diri dengan membeli botol kemasan plastik sehari-hari, itu sama saja kamu sedang mencemari lingkungan dengan sampah plastik yang kamu beli.

Nah meskipun kamu sudah menggunakan botol minum plastik sendiri, kamu harus teliti ketika memilih botol tersebut. Karena faktanya tak semua botol plastik aman untuk digunakan. Agar kita terhindar dari bahan kimia yang membahayakan, berikut tips memilih botol tumbler plastik yang aman dan baik untuk digunakan :

tumbler custom

Perhatikan Tanda Pada Botol Minuman Plastik

Jika kamu memilih botol minum yang berbahan plastik, kamu tak perlu khawatir, karena tak semua bahan plastik itu berbahaya. Namun kamu juga harus teliti dengan memperhatikan tanda kode yang ada dibawah botol.

Umumnya ada kode atau tanda dibawah botol dengan bentuk segitiga dan angka didalamnya. Selain itu, dibawah segitiga tersebut biasanya tertuliskan bahan plastik yang digunakan.

Bila kamu menemukan botol plastik dengan angka 1, maka botol itu hanya bisa digunakan sekali pakai. Untuk yang berangka 2 dan 4 masih terbilang aman jika digunakan 2-3 kali.

Perlu di ingat, yang paling berbahaya adalah yang berangka 3, 6, dan 7. Jadi jika kamu menemukan botol dengan angka tersebut, jangan sampai memilihnya, karena ini sangat beresiko bagi kesehatanmu.

Jika angka 3, 6 dan 7 sangat berbahaya, maka berbanding terbalik dengan angka 5. Karena plastik berkode 5 terbukti aman dan tak berbahaya dengan kandungan polipropelina. Karena itu, jika kamu sedang mencari tumbler surabaya, pilihlah yang berkode 5.

Pilih Botol yang Berleher Lebar

Sangat disarankan untuk memilih botol minum dengan lingkaran leher yang lebar. Ini bertujuan agar botol tumbler mudah dibersihkan sampai ke dalam dan dasar botol. Membersihkan botol dibagian dalam memang harus dilakukan, mengingat tumbler rentan ditumbuhi jamur, bakteri, dan lumut bila mencucinya tak bersih. Bila leher botol tumbler kecil, maka gunakan sikat khusus untuk membersihkan tumbler dibagian dalam.

Caro Botol yang Memiliki Laber BPA-Free

BPA atau Bisphenol merupakan bahan kimia yang umumnya digunakan pada kemasan makanan dan minuman. Nah untuk memastikan keamanan botol plastik dari hal yang membahayakan, pilihlah botol plastik dengan label BPA-Free atau yang bebas kandungan BPA.

Hindari Pemakaian Botol Air Bekas

Seperti yang kita tahu, berbagai botol air mineral dibuat hanya untuk penggunaan sekali pakai. Ada baiknya setelah segel botol minum dibuka, maka botol tersebut jangan sampai dipakai lagi.

Itulah 4 hal yang harus diperhatikan ketika kamu akan membeli botol minuman tumbler berbahan plastik, sehingga kesehatan pun tak akan terganggu. Untuk informasi tumbler sehat dan aman, silakan kunjungi https://tumblermurah.pesanonline.web.id/2019/01/05/cetak-tumbler/ .Semoga bermanfaat!

 

 

Tagged