Peranan Konsumen pada Ekosistem

Peranan Konsumen pada Ekosistem – Istilah ekosistem berasal dari dua kata, yaitu kata “oikos” yang artinya rumah sendiri, dan kata “sistema” yang memiliki makna terdiri dari bagian-bagian yang utuh dan saling mempengaruhi.

Secara sederhananya, ekosistem diartikan sebagai sistem yang terbentuk di suatu daerah dan memiliki hubungan timbal balik antara komponen hidup dan komponen tak hidup ataupun dengan lingkungan. Jadi, ekosistem adalah kesatuan komunitas yang lingkungan hidupnya saling berinteraksi dan membentuk hubungan timbal balik, sehingga disebut juga dengan sistem lingkungan.

Sebenarnya, untuk menyebutkan berapa jumlah ekosistem yang ada di bumi saja adalah pekerjaan yang cukup sulit untuk dilakukan. Dikarenakan ada banyak sekali jumlah ekosistem yang terdapat di bumi. Berdasarkan proses terjadinya, ekosistem terbagi menjadi dua macam, yaitu ekosistem alami dan buatan.

Ekosistem alami dan Buatan

Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk karena dipengaruhi oleh alam sekitar, bukan hasil dari buatan manusia, seperti sungai, laut, danau, hutan, dan gunung. Sementara itu, ekosistem buatan adalah ekosistem yang dibentuk atau dibuat oleh manusia, seperti kolam ikan, akuarium, waduk, dan sawah.

Pengertian Biosfer

Ekosistem memiliki ukuran dan bentuknya masing-masing, dimana ekosistem yang kecil akan membentuk suatu ekosistem yang besar. Bahkan, seluruh ekosistem yang ada di bumi ini pun akan membentuk suatu ekosistem yang lebih besar, yang dinamakan dengan biosfer.

Komponen Ekosistem

Setiap ekosistem terbentuk dengan adanya komponen hidup atau makhluk atau organisme hidup yang dinamakan dengan biotik dan juga komponen tak hidup atau makhluk atau organisme tak hidup, yang dinamakan dengan abiotik.

Pengertian Biotik

Komponen biotik adalah bagian dari ekosistem yang terdiri dari makhluk hidup, diantaranya tumbuhan, hewan, dan mahkluk hidup pengurai. Berdasarkan fungsinya di dalam ekosistem, komponen biotik dibagi menjadi tiga jenis, yang terdiri dari produsen, konsumen, dan dekomposer atau pengurai.

Masing-masing komponen biotik ini memiliki peran dan fungsinya yang berbeda-beda. Produsen berperan sebagai penghasil makanan, sedangkan konsumen adalah pemakan makanan tersebut, dan dekomposer yang menjadi pengurainya.

Pengertian Konsumen

Ekosistem Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang berperan sebagai pemakan bahan organik yang dihasilkan oleh produsen. Makanan ini dibutuhkan oleh konsumen tentu saja untuk keberlangsungan hidupnya. Secara singkatnya, konsumen adalah pemakan.

Konsumen merupakan organisme heterotrof yang tidak dapat membuat makanannya sendiri, sehingga sangat bergantung pada organisme yang lain, baik yang bersifat heterotrof maupun autrotof.

Organisme yang bersifat heterotrof, diantaranya manusia, hewan, jamur, dan mikroba. Sedangkan autrotof adalah organisme yang dapat mengubah bahan anorganik menjadi organik dengan bantuan energi cahaya matahari dan kimia. Cotohnya tumbuhan hijau, bakteri ungu, dan bakteri hijau. 

Manusia, dan hewan tidak memiliki klorofil, sehingga tidak dapat mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik. Itulah sebabnya, kedua jenis makhluk hidup ini sangat bergantung pada produsen. Keberlangsungan hidup konsumen sangat bergantung pada ketersediaan produsen. Sehingga, jika produsen punah, maka konsumen akan kesulitan dan kekurangan bahan makanan, yang pada akhirnya menyebabkan mereka punah.

Tingkatan Konsumen

Secara umum, konsumen terbagi menjadi 4 tingkatan. Konsumen pada tingkat pertama atau konsumer primer adalah makhluk hidup yang memakan tumbuhan secara langsung. Contohnya adalah hewan pemakan tumbuhan atau herbivora, seperti zooplankton, ulat, belalang, tikus, sapi, kambing, kerbau, dan kuda.

Sementara itu, konsumen yang berada di tingkat kedua atau konsumen sekunder adalah makhluk hidup yang memakan konsumen pertama. Contohnya adalah burung yang memakan ulat dan ular yang memakan tikus.

Selanjutnya, konsumen pada tingkat ketiga atau konsumen tersier adalah makhluk hidup yang memakan konsumen di tingkat kedua. Contohnya adalah burung elang yang memakan ular, burung alap-alap yang memakan burung pemakan ulat, dan lain sebagainya.

Yang terakhir adalah konsumen yang ada di tingkat keempat atau disebut juga dengan konsumen puncak dan sebagai konsumen yang berada di tingkat tertinggi, yaitu makhluk hidup yang memakan konsumen di tingkat ketiga. Contohnya adalah manusia.

Keempat tingkatan konsumen tersebut terdapat dalam suatu ekosistem. Dengan memahami tingkatan konsumen ini, maka Kamu akan lebih mudah memahami rangkaian rantai makanan yang terjadi di sekelilingmu.

Itulah penjelasan terkait ekosistem dan salah satu penyusunnya, yaitu konsumen. Jika Kamu masih ingin menggali informasi lebih dalam terkait ekosistem, maka kunjungi Edutore by Gramedia. Di sana, Kamu juga bisa melakukan latihan soal seperti mengerjakan soal sbmptn soshum atau latihan soal lainnya untuk persiapan UNBK, CPNS, TOEFL, dan masih banyak lainnya.

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi tersebut di Playstore secara gratis. Apabila Kamu mendaftar, Kamu juga akan mendapatkan ribuan soal latihan secara gratis. Jadi sangat cocok jika Kamu sedang menyiapkan diri untuk menghadapi suatu ujian. Mari gunakan Edutore, karena semua orang bisa pintar.

Tagged ,