Tips Memilih Botol Plastik yang Aman Untuk Wadah Minum

Mungkin kamu salah satu orang yang sering membawa minum ketika bepergian? Yap, beberapa orang memang lebih suka membawa minuman untuk menemani aktivitas mereka.

Tak hanya itu, tumbler custom pun membuat kita jadi lebih hemat, memastikan agar tubuh tak kekurangan cairan, dan memastikan minuman yang dikonsumsi jauh lebih bersih dan sehat.

Ternyata, tak semua botol plastik aman digunakan, mengingat ada kandungan kimia yang tak baik bagi tubuh. Lalu, bagaimana kriteria botol plastik yang aman digunakan sebagai wadah minuman?

Zaman now ada berbagai botol plastik mineral dengan berbagai merk, yang mana sengaja dirancang sebagai wadah sekali pakai. Maka dari itu, menggunakan botol bekas air mineral sebenarnya tak terlalu baik dan kian mencemari sampah plastik yang ada di bumi.

Yang harus diingat, ketika segel kemasan sudah dibuka, sebaiknya botol tak digunakan lagi karena wadah ini terbuat bahan Polyethylene Terephthalate atau PET yang mengandung karsinogen dan bisa menyebabkan penyakit kanker. Tentu berbahaya bila sampai terminum oleh kita.

Memang di awal penggunaan, zat tersebut tak bersifat aktif karena diproses melalui serangkaian standar sterilisasi botol.

tumbler plastik

Lalu apa tips memilih botol minum berbahan plastik? :

Memperhatikan Tanda pada Botol Plastik

Hal yang sangat penting sebelum memutuskan menggunakan botol berbahan plastik ini adalah dengan memperhatikan tanda yang tercantum di wadah satu ini. Tanda/kode inilah yang menunjukkan jenis plastik dan kategorinya, umumnya berada dibagian bawah.

Kode ini berbentuk segitiga yang didalamnya terdapat angka. Lalu dibagian bawah segitiga, biasanya tercantum tulisan yang menjelaskan bahan plastik pada botol plastik tersebut.

Yap! ada 7 macam simbol yang tertera pada produk berbahan plastik. Kode ini ada di bagian dalam segitiga dengan simbol bertuliskan angka 01 sampai 07.

Sedangkan dibagian bawah segitiga tercantum tulisan yang menjelaskan jenis bahan plastik pada botol tersebut, jenis bahan tersebut seperti PETE atau PET (Polyethylene Etilen Terephalate), PVC (Polyvinyl Chloride), LDPE (Low Density Polyethylene), PP (Polypropylene), PS (Polystyrene), HDPE (High Density Polyethylene) dan O atau OTHER (Polycarbonate).   

Kode tersebut bisa diartikan, untuk 1 hanya bisa digunakan satu kali saja. Jika terus digunakan berulang kali, ini bisa meningkatkan resiko terkonsumsinya bahan plastik yang mana bakteri biasa berkembang biak di botol tersebut. Sedangkan kode dengan angka 2 dan 4, terbilang aman dengan penggunaan 2-4 kali saja.

Yang berbahaya adalah produk plastik dengan angka 3, yang mana terdapat kandungan bahan karsinogenik. Sebaiknya produk plastik dengan angka 6 dan 7 dihindari penggunaannya karena bisa memicu kanker dan gangguan sistem reproduksi.

Dari semua itu, produk plastik yang paling aman adalah yang berkode angka 5. Karea itu, pilihlah botol platik dengan simbol segitiga berangka 5 di dalamnya.

Gunakan Botol Minum dengan Leher yang Besar

Faktaya botol minum berleher kecil akan sulit jika dibersihkan dibagian dalamnya. Inilah mengapa kita akan cenderung malas untuk membersihkannya.

Berbeda dengan botol dengan leher besar atau mungkin tanpa leher, pastinya jauh lebih mudah untuk disikat pada bagian dalam, sehingga mempermudah perawatan kebersihan tumbler plastik tersebut.

Untuk info tumbler murah dan berkulitas, silakan kunjungi https://tumblermurah.pesanonline.web.id/2019/01/04/jual-tumbler-polos/. Semoga bermanfaat!

Tagged