Tips Jitu Promosikan Toko Bunga (Florist) Via Online

toko bunga papan

Internet membawa perubahan cukup besar dalam dunia marketing (pemasaran). Seolah mengganti medium publik konvensional yang hanya mampu menjalankan fungsi marketing tertentu, internet mampu menyalurkan beragam jenis informasi untuk membantu meningkatkan branding usaha Anda.

Promosi yang dilakukan via online juga semudah mengetukkan jari pada layar ponsel saja. Sebab, telah tersedia berbagai macam aplikasi yang siap mengiklankan bisnis Anda di dunia maya. Internet juga menawarkan berbagai keuntungan lainnya, seperti membantu memangkas biaya promosi. Cukup gunakan fitur Sponsored Ads atau unggahan video komersial di media sosial, Anda sudah bisa beriklan langsung kepada audiens yang menjadi target pasar Anda.

Bidang bisnis yang bisa diiklankan di dunia maya cukup banyak, mulai dari bisnis kuliner, jasa, fesyen, hingga manufaktur. Peluang mempromosikan bisnis via online juga terbuka bagi Anda yang memiliki usaha toko bunga. Dengan strategi pemasaran seperti ini, bukan tidak mungkin toko bunga Anda yang sebelumnya sulit ditemukan jadi lebih mudah dilacak oleh calon pembeli.

Beriklan menggunakan aplikasi atau fitur Google tidak cuma memungkinkan Anda untuk mempromosikan bisnis, tetapi juga melihat perilaku audiens terhadap iklan Anda, seperti dari mana mereka mengetahui iklan Anda, apa yang mereka lakukan saat melihat iklan Anda, bagaimana cara mereka menghubungi Anda, dan sebagainya.

Anda juga dapat memanfaatkan program analitik atau piranti lunak tertentu untuk menganalisa performa iklan. Dengan demikian, Anda bisa mengevaluasi pemasaran yang telah berjalan dan menyusun strategi iklan yang lebih efektif bagi perkembangan bisnis toko bunga Anda ke depan.

Tetapi supaya pemasaran online yang Anda lakukan berjalan efektif, Anda perlu akses internet yang stabil. Oleh karena itu, Anda mesti memilih penyedia layanan internet yang bagus. Tak hanya itu, Anda juga perlu tim khusus untuk membantu Anda mengelola strategi marketing yang sudah berjalan

Metode promosinya bisa dilakukan dengan cara bercerita atau story telling. Metode ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda, karena cara ini mengandalkan keistimewaan produk tanpa membuatnya terlihat bombastis ataupun berlebihan.

Pada dasarnya, metode promosi strory telling membutuhkan kejujuran. Jadi, Anda hanya perlu bercerita secara jujur untuk dapat menarik perhatian calon konsumen. Selain itu, menuliskan narasi merk harus dilakukan secara cermat. Hindari penggunaan kata – kata yang bertele – tele, sebaiknya fokus saja pada penguatan brand dan konten produk.

Jangan pula mengarang cerita fiksi atau membuat statement yang tak selaras dengan kenyataan. Karena dampaknya bisa membuat produk Anda dibenci calon pembeli. Itu karena pembeli bakal merasa tidak puas dengan hasil yang mereka dapatkan setelah menggunakan produk Anda.

Bagi Anda yang memilih beriklan di media sosial seperti Instagram, facebook, twitter atau yang lainnya, ada baiknya Anda mempelajari teknik fotografi terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda menghasilkan foto yang apik untuk ditampilkan di depan audiens.

Anda tidak perlu memiliki banyak properti untuk mendukung pengambilan gambar produk. Cukup kuasai teknik fotografi saja, Anda sudah bisa menghasilkan foto yang ciamik buat dipajang di media sosial.

Anda juga bisa menggunakan barang – barang di sekitar untuk mendukung tampilan produk di depan kamera. Sebagai contoh, jika produk Anda berupa bunga potong, maka Anda bisa mengatur set agar bunga tersebut nampak segar dan enak dipandang. Caranya bisa dengan mengatur pencahayaan dan memfokuskan kamera pada bunga dan bukan pada benda di sekitarnya.  

Baca juga: contoh bunga papan di pontianak

Tagged , ,