Contoh Cipta Esai yang Baik

Menulis memang kelihatannya mudah, namun tidak bisa meremehkan begitu saja apalagi hanya dianggap merangkai kata-kata saja. Salah satu tulisan yang kini popular bahkan banyak diperlombakan adalah jenis cipta esai. Maka, perhatikan contoh cipta esai yang baik supaya lebih mudah dipahami.

Struktur dan Contoh Cipta Esai

Dalam membuat esai, Anda perlu mengetahui apa dan bagaimana strutur dari sebuah tulisan ini. Supaya ketika menulis tidak terkesan serampangan dan akhirnya hanya asal tulis saja. Terdapat 3 hal yang perlu dicatat, yakni:
 

Pembuka atau Pendahuluan

Pendahuluan atau latar belakang merupakan penentu bagi pembaca apakah tulisan ini layak dibaca ataukah tidak. Sehingga, sangat penting untuk memperhatikannya dengan baik agar memberikan topik menarik. Contoh esai bagian pembuka yakni:

“Profesi pendidik tidak semudah yang dibayangkan, dimana hanya berbicara dan menyampaikan apa yang telah disusun. Lebih dari itu, menjadi seorang guru adalah mendidik generasi bangsa dengan tanggung jawab besar, apalagi jika belum terbiasa sama sekali.”

Isi atau Pembahasan

Pembahasan atau isi ini juga menjadi bagian terpenting, sebab di sini penulis akan menjelaskan ide serta topik yang dimaksud dengan lebih detail. Sehingga, pada bagian ini akan berfokus untuk menjelaskan sekaligus mempengaruhi pembacanya.

Penutup

Bagian penutup yang merupakan part akhir dari sebuah tulisan, umumnya berisi sebuah kesimpulan. Namun, pada esai juga akan diberikan kalimat-kalimat untuk meyakinkan pembaca supaya setuju dengan ide yang di bawa oleh penulis.

Tips Menulis Cipta Esai

Dalam menulis esai, Anda harus memperhatikan beberapa tips berikut ini supaya lebih mudah. Terdapat pula beberapa saran yang wajib dicoba untuk membuat tulisan semakin menarik bagi pembaca.

Esai lebih mengutamakan pendapat penulis, maka Anda juga harus tahu bagaimana menanggapi suatu masalah supaya tulisan lebih fokus, hindari esai yang sudah sering ditemui, kemudian menggunakan teknik pembukaan yang memikat akan membuat tulisan semakin enak dibaca.

Itulah beberapa hal terkait contoh cipta esai yang baik dengan memperhatikan struktur serta tips-tipsnya, agar saat menulis lebih terarah dan mengetahui tujuan pastinya. Hal terpenting dalam membuat karya ini yakni, harus memiliki karakter khas masing-masing penulis sebagai pembeda.

 

Tagged