Mengenal Materi Geguritan Bahasa Jawa Kelas 11 SMA

Bahasa Jawa merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang saat ini dijadikan salah satu mata pelajaran di sekolah, tidak terkecuali pada tingkat menengah atas. Materi geguritan Bahasa Jawa kelas 11 SMA pun disusun berdasarkan kompetensi yang harus dicapai siswa.

Materi Geguritan untuk SMA

Materi geguritan untuk tingkatan SMA disesuaikan dengan kompetensi berdasarkan indikator-indikator tertentu. Meski di setiap tingkatan terdapat pelajaran tersebut, namun selalu ada peningkatan capaian agar para siswa dapat mendapat pemahaman lebih baik.

Pengertian Geguritan

Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai geguritan, baiknya terlebih dahulu paham tentang artinya. Dengan mengetahui pengertiannya akan menjadikan murid lebih fokus pada bab yang dibahas. Selain itu, hal ini merupakan tahapan awal dalam mempelajari puisi Jawa tersebut.

Geguritan sendiri merupakan salah satu tembang atau syair berbahasa Jawa yang memiliki nilai-nilai kehidupan. Penciptanya menjadikan puisi ini sebagai sarana untuk mengutarakan pendapat serta menuangkan ide mengenaik berbagai hal.
 

Jenis-jenis Geguritan

Setelah memahami pengertiannya, siswa akan diajak untuk mengetahui jenis geguritan yang sering ditemui. Hal ini tentu akan memudahkan para peserta didik untuk menentukan dan memahami dalam penulisan atau pembacaan puisi Jawa tersebut.

Terdapat tiga jenis bentuk puisi dalam geguritan Bahasa Jawa. Yaitu naratif berupa cerita yang dirasakan oleh penulis maupun orang lain, deskriptif berisi cerita mengenai suatu kejadian atau peristiwa, dan berbentuk kritikan atau sindiran.

Unsur Intrinsik dan Ektrinsik Geguritan

Kedua unsur tersebut selalu ada dalam pembuatan berbagai macam karya sastra tidak terkecuali geguritan. Berguna sebagai pembangun sebuah tulisan yang bersifat dari dalam penulisan maupun luar seperti makna tersirat.

Dengan mempelajari materi semacam itu, siswa dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan  puisi Jawa tersebut. Selain itu, diharapkan pula mereka dapat mengaplikasikan pemahaman dalam praktik membuatnya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai materi geguritan Bahasa Jawa kelas 11 SMA. Meski dituliskan secara singkat, semoga dapat memberikan pencerahan bagi pengajar maupun peserta didik dalam mempelajari tentang salah satu contoh karya sastra berbahasa daerah tersebut.

 

Tagged