Aneka Bunga Cantik Favorit di Pekarangan Rumah

Tanaman hias memang merupakan bisnis yang terus berkembang. Tanaman ini disukai, baik karena daun, bentuk, dan tentu saja aneka bunga cantik yang dihasilkan. Bunga yang akan membuat pekarangan rumah nampak lebih hidup.

Siapa yang tidak suka dengan pekarangan yang seperti taman indah? Tidak perlu luas, bahkan tidak perlu dengan tanah. Tanaman bunga ini dapat Anda tanam dalam pot. Asalkan disusun dengan rapi, taman kecil tanpa tanah dapat tercipta.

Aneka Bunga Cantik di Pekarangan

Anda ingin mewujudkan pekarangan yang indah seperti disebutkan di atas? Sekarang ini caranya sangat mudah! Banyak toko bunga atau florist secara online dan offline yang menawarkan aneka bunga cantik untuk ditanam.

Aneka Bunga Cantik

Anda tinggal memilihnya. Mau tahu apa saja tanaman hias bunga yang dapat dengan mudah ditanam di pekarangan? Yuk intip di bawah ini!

1. Bunga Melati

Bunga melati mempunyai warna bunga putih dengan bau yang harum. Bunga ini mempunyai ratusan spesies atau jenis dan melambangkan kesucian dan kemurnian.

Di Indonesia melati dianggap sebagai bunga simbol bangsa. Melati digunakan dalam berbagai upacara adat tradisional.

Melati termasuk tanaman yang berbunga sepanjang tahun. Tidak ada musim untuk melihat bunganya. Jadi, kalau Anda menanamnya pekarangan akan nampak indah kapan saja.

Yang penting harus diingat bahwa pohon ini senang dengan tempat hidup yang banyak sinar matahari. Cara perkembangbiakannya mudah! Anda tinggal memotong batang dan menancapkannya alis stek batang.

2. Bougenville atau Kembang Kertas

Anda pernah melihat bougenville atau kembang kertas?

Ya, bunga ini juga cukup populer di pekarangan rumah karena cocok dengan iklim Indonesia sehingga mudah menanamnya.

Tanaman bunga yang berasal dari Amerika Selatan ini dapat kamu temui di toko bunga dengan berbagai warna, seperti ungu, merah, pink, jingga, dan lain-lain.

Tanaman yang cabangnya tidak lurus ini dapat mencapai 10 meter dan berduri. Sangat pas dijadikan tanaman pagar pekarangan agar nampak lebih hidup dan indah.

3. Anggrek

Bunga favorit selanjutnya di pekarangan adalah anggrek.

Tanaman yang satu ini juga mempunyai ribuan jenis. Bahkan di beberapa tempat di Indonesia ada yang sengaja memelihara dan menghasilkan spesies baru dengan bunga yang unik dan indah.

Anggrek termasuk jenis tanaman sukulen yang sangat disukai karena tidak sulit perawatannya. Tanaman tumbuh subur di wilayah dengan iklim sedang tetapi dapat beradaptasi di musim dingin dan panas.

4. Mawar

Bunga Mawar sering digunakan sebagai simbol cinta yang tidak lekang oleh waktu.

Mengapa? Karena aneka bunga cantik jenis mawar ini dapat berbunga tanpa musim. Sepanjang tahun dan dapat tumbuh subur di tempat yang banyak terkena sinar matahari.

Meski berduri, bunganya sangat cantik dan berwarna-warni tergantung jenisnya.

Anda dapat mengembangbiakkannya dengan cara setek.

5. Soka

Tanaman atau bunga soka juga menjadi favorit di pekarangan rumah.

Sama dengan tanaman lain yang disebutkan di atas, menanam bunga soka juga tidak terlalu sulit. Hanya saja, tanaman yang satu ini lebih pas diletakkan di tempat teduh.

Daya tarik bunga soka terletak pada bunga majemuknya yang berwarna-warni. Yang paling banyak kamu temui adalah bunga soka dengan warna pink, merah, dan kuning.

Manfaat Aneka Bunga Cantik di Pekarangan Rumah

Di atas telah disebutkan beberapa jenis bunga cantik yang mudah dalam perawatan dan pas ditanam di pekarangan rumah.

Anda harus segera mewujudkan pekarangan berhias aneka bunga cantik ini lho! Banyak sekali manfaatnya.

Manfaat tersebut, antara lain:

  • Mempercantik halaman rumah
  • Menyejukkan halaman
  • Menyaring udara kotor dan debu yang berasal dari sekitar rumah, khususnya untuk rumah yang berada di pinggir jalan
  • Mencegah genangan air ketika hujan karena air langsung diserap tanah dan tumbuhan
  • Pendingin alami ketika hari di luar sangat panas
  • dan lain-lain

Demikian artikel tentang aneka bunga cantik yang mudah ditanam di pekarangan. Semoga bermanfaat!

 

Tagged ,