6 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Sedang Menstruasi!

Menstruasi atau datang bulan merupakan hal yang pasti dialami semua kaum hawa dan umumnya terjadi sekali dalam sebulan. Saat menstruasi terjadi, ada banyak hal terjadi pada dirimu. Misalnya saja terasa kram atau nyeri pada perut, nyeri pada organ payudara, munculnya jerawat, pusing kepala, hingga kondisi mood yang berubah.

Kondisi ini terjadi karena perubahan fisiologis akibat hormon reproduksi yang disebut dismenore. Namun ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalkan rasa nyeri, salah satunya dengan memperhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Pada pembahasan ini akan dijelaskan apa saja jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sedang menstruasi.

Makanan dan minuman yang mengandung kafein

Makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi sebaiknya dihindari saat menstruasi. Mengapa demikian? saat menstruasi, tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan yang berupa darah. Nah sedangkan kafein sendiri malah membuat pembuluh darah menyempit sehingga terjadilah dehidrasi. Maka dari perbanyaklah mengkonsumsi air putih agar tubuh tidak cepat Lelah dan dehidrasi.

Penting Untuk Wanita! 6 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Sedang Menstruasi!

Es batu

Saat mengkonsumsi minuman, kurang lengkap rasanya kalau tidak menambahkan es batu. Namun ketahuilah bahwa mengkonsumsi es batu saat menstruasi malah bisa menimbulkan rasa sakit dan kram pada perut lho! itu terjadi karena es batu membantu proses kerja rahim dalam meluruhkan darah kotor sehingga darah kotor pun tidak keluar dan malah tertahan dan membeku dalam rahim.

 

Makanan dan minuman yang berbahan susu

Mengkonsumsi susu memanglah sangatlah bagus bagi kesehatan tubuh. Namun saat sedang menstruasi, mengkonsumsi susu sebaiknya dihindari. Kandungan asam arakidonat pada susu bisa menstimulasi keluarnya zat prostaglandin dari dalam tubuh sehingga bisa berakibat timbulnya kram pada perut.

 

Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak dan minyak jenuh yang sebaiknya dihindari saat sedang menstruasi. Gorengan bisa membuat kadar hormone estrogen meningkat. Akibatnya perut pun terasa mual dan nyeri. Jika tetap ingin makan gorengan, pilihlah makanan yang digoreng menggunakan minyak sayur atau hewan sehingga lebih aman untuk rahim.

 

Makanan yang dipanggang

Selain makanan yang digoreng, makanan yang dipanggang juga mengandung banyak sekali lemak, tepatnya lemak trans. Lemak inilah yang juga bisa menimbulkan rasa kram pada perut.

 

Makanan manis

Cokelat dan es krim merupakan salah satu makanan manis yang disukai banyak orang, tak terkecuali kaum hawa. Namun ternyata mengkonsumsi makanan manis saat sedang menstruasi bisa memicu tidak stabilnya kadar gula dalam darah.  Pengaruh ini yang membuat berubahnya kondisi mood atau suasana hati.

Nah itu dia beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sedang menstruasi. Hanya di website ini Anda bisa dapatkan tips kesehatan lainnya www.synergyofficial.co.id/. Semoga bermanfaat!