Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Matematika yang harus Kamu Tahu!

Pendidikan Matematika VS Matematika Murni

Bidang studi matematika secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu pendidikan matematika dan juga matematika murni. Masing-masing dari bidang tersebut mempunyai keunggulan dan sangat diminati oleh calon mahasiswa baru.

Namun untuk dapat belajar di perguruan tinggi negeri Anda harus belajar soal SBMPTN Matematika Dasar dan juga soal SBMPTN Matematika IPA. kemudian Apa yang membedakan pendidikan matematika dengan matematika murni? Simak uraian berikut ini:

  • Pendidikan matematika

Mahasiswa pendidikan matematika selain belajar tentang materi matematika dasar seperti aljabar, geometri, statistika, kalkulus, dan lain sebagainya, mahasiswa jurusan pendidikan matematika juga belajar tentang cara mengajar yang baik. Karena pada dasarnya mahasiswa dengan jurusan pendidikan matematika dipersiapkan untuk menjadi guru yang mampu menjelaskan matematika dengan baik kepada anak didiknya.

  • Matematika Murni

Selain mempelajari matematika dasar, mahasiswa jurusan matematika murni harus mempelajari matematika secara khusus dengan tingkat kerumitan cukup tinggi. Karena pada dasarnya mahasiswa matematika murni dipersiapkan untuk bekerja di industri yang membutuhkan pengolahan data serta lembaga statistika. Sehingga jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai angka dan juga rumus.

Keuntungan Mahasiswa Pendidikan Matematika

Setiap tahun peminat jurusan pendidikan matematika sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh jika Anda memilih jurusan pendidikan matematika:

  • Menjadi pengajar yang baik

Salah satu keuntungan yang dapat diperoleh lulusan pendidikan matematika yaitu dapat mengasah kemampuan mengajar. Dengan masuk ke jurusan pendidikan matematika kemampuan mengajar Anda akan terus meningkat, dengan begitu Anda akan menjadi seorang pengajar yang kreatif dalam menyampaikan materi-materi matematika. Sehingga belajar matematika lebih asik dan tidak menakutkan.

  • Mendapat pengalaman baru

keuntungan yang lain ketika lulus dari pendidikan matematika yaitu memperoleh pengalaman baru salah satunya dengan mengikuti program SM3T, dimana Anda dapat melakukan pengabdian di daerah-daerah pelosok atau daerah yang tertinggal. Dengan begitu Anda akan mendapat pengalaman yang sangat berharga dan dapat mengasah mental Anda.

  • Membuka tempat les

salah satu mata pelajaran yang sangat sulit bagi anak-anak adalah matematika. Sehingga banyak anak-anak baik tingkat dasar sampai SMA yang membutuhkan bimbingan belajar tambahan. Sehingga lulusan pendidikan matematika mempunyai peluang besar untuk membuka tempat les baik privat maupun reguler.

Prospek kerja jurusan Pendidikan Matematika

Tentunya banyak yang bertanya-tanya mengenai prospek kerja jurusan Pendidikan Matematika, bukan? Jika iya, maka kamu datang ke tempat yang tepat. Lalu, apa saja yang menjadi prospek kerja dari jurusan ini? Simak ulasan lengkapnya ya!

  • Guru

Ya, sesuai dengan nama jurusannya yaitu Pendidikan Matematika, maka sudah dapat dipastikan kalau prospek kerja utama dari seorang lulusan Pendidikan Matematika adalah menjadi guru. Secara umum, rentang gaji seorang guru itu sekitar 2,5 jutaan sampai 4,5 jutaan. Tentu saja, besaran gaji setiap guru itu akan didasarkan pada Sertifikasi Kompetensi yang dimiliki seorang guru.

  • Penulis Buku

Siapa bilang kalau seorang lulusan Pendidikan Matematika harus selalu menjadi guru? Tidak juga. Kamu bisa mencoba profesi lainnya yang mungkin sesuai minat dan bakatmu. Salah satunya yaitu penulis buku. Ada banyak lulusan Pendidikan Matematika yang akhirnya memilih menjadi seorang penulis buku yang selanjutnya akan dijadikan bahan ajar untuk para guru di sekolah. Jadi, kalau kamu bisa, kenapa tidak?

  • Trainer Guru Kreatif

Jika kamu tidak mau menjadi guru, mungkin kamu bisa mencoba profesi menjadi Trainer Guru Kreatif. Paling tidak, kamu akan memberikan dampak secara tidak langsung bagi dunia pendidikan Indonesia dalam hal ajar-mengajar dan mungkin kamu bisa mengubah perspektif, kalau pelajaran Matematika bukanlah pelajaran yang menakutkan.

  • Pengembang kurikulum

Untuk profesi yang satu ini biasanya berada di belakang layar. Bisa di lembaga pemerintahan atau di back office dari suatu lembaga bimbingan belajar. Biasanya banyak lulusan Pendidikan Matematika yang memilih profesi ini.

Bagi kamu yang tertarik masuk ke jurusan Pendidikan Matematika, bisa langsung mengunjungi Edutore by Gramedia. Di Edutore by Gramedia, kamu bisa mengakses berbagai soal SBMPTN online secara gratis, baik itu Soal SBMPTN Matematika Dasar atau/dan Soal SBMPTN Matematika IPA yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain itu, di platform belajar online ini, kamu juga bisa mendapatkan layanan lainnya seperti kursus sampai dengan bimbel, pelajaran lain seperti biologi kelas 10, dan materi biologi kelas 11.. Ada juga voucher yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan potongan harga agar jadi lebih hemat. Ayo, apalagi yang kamu tunggu? Segera bergabung bersama Edutore by Gramedia, belajar jadi lebih menyenangkan!

Tagged ,