Cara Berkembang Biak Kucing dan Bagaimana Kucing Hamil

 

Kucing termasuk jenis hewan yang dekat dengan manusia, tak heran bila banyak orang yang lebih senang memelihara kucing dibanding hewan peliharaan lainnya. Namun banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara berkembang biak kucing dan bagaimana kucing hamil. Sejak ratusan tahun yang lalu, kucing telah berbaur dengan manusia dan menjauhkan tikus dari persediaan makanan manusia.

Selain dijadikan hewan peliharaan, kucing juga sering berkeliaran di lingkungan tempat tinggal manusia. Bentuknya mirip dengan harimau tetapi ukurannya jauh lebih kecil dari harimau. Seiring dengan berkembangnya zaman, perkembangbiakan kucing ini semakin bertambah pesat. Ditandai dengan banyaknya ras kucing yang unik dengan bentuk dan ciri tubuh yang menarik.

Cara Berkembang Biak Kucing dan Bereproduksi

Kucing adalah jenis hewan mamalia yang dimana cara berkembang biaknya dengan cara melahirkan. Selain melahirkan kucing juga menyusui anaknya seperti halnya manusia. Waktu kehamilan kucing yaitu mencapai 63 hari lamanya. Dalam satu kali melahirkan kucing mampu melahirkan empat ekor anak kucing atau bahkan lebih.

Ketika anak-anak kucing tersebut lahir ke dunia, mereka dalam keadaan buta dan juga tuli. Baru di hari ke delapan atau sepuluh, matanya baru bisa terbuka dan melihat dunia. Anak-anak kucing tersebut akan menyusu pada induknya hingga usianya mencapai 6-7 minggu. Lewat dari masa itu, mereka bisa mencari makanan sendiri dan belajar untuk hidup sendiri.

Bagi kucing muda yang usianya sekitar 10 hingga 15 bulan biasanya sudah mencapai tingkat kematangan seksual, sehingga mereka siap untuk berkembang biak. Perkiraan waktu dan lamanya seekor kucing yaitu bisa mencapai 15 tahun lamanya. Info lengkap tentang kucing lainnya selain cara berkembang biak, bisa kamu dapatkan di web larispro.

Bagaimana Kucing Hamil dan Periodenya

Kebanyakan kucing akan menghabiskan waktu sekitar 63-65 hari masa kehamilan atau sekitar 9 minggu lamanya. Ada banyak perubahan yang akan terjadi pada kucing di masa-masa kehamilan tersebut, berikut penuturan lengkapnya :

  1. Minggu Pertama dan Kedua
    Biasanya di minggu-minggu ini belum terlihat jelas tanda kehamilannya atau perubahan pada bentuk tubuhnya. Tak heran jika banyak pemelihara kucing yang tidak menyadari bahwa kucingnya sedang hamil.
     
  2. Minggu Ketiga
    Pada minggu ketiga biasanya sudah terlihat perubahan yang cukup signifikan pada kucing, misalnya warna nipple yang berubah menjadi merah mudah atau lebih merah mudah dari biasanya.
     
  3. Minggu Keempat
    Ukuran nipple dan perut mulai terlihat membesar dan nafsu makan mulai lebih banyak dari biasanya.
     
  4. Minggu Kelima dan Keenam
    Kucing menjadi lebih manja dan malas untuk bergerak. Janin kucing pun mulai bisa diraba di bagian perut induk kucing. Pada minggu kelima dan keenam ini, sebaiknya kamu menyediakan makanan yang cukup untuknya karena ia akan makan dengan porsi sedikit tapi lebih sering.
     
  5. Minggu Ketujuh
    Kucing sering buang air kecil karena ukuran janin yang juga sudah semakin membesar.
     
  6. Minggu Kedelapan
    Kucing akan sering-sering berkeliling di sekitar tempat tinggalnya untuk mencari tempat melahirkan. Kucing akan membuat tempat melahirkan yang tersembunyi atau tak terlihat oleh manusia.
     
  7. Minggu Kesembilan
    Kamu sudah harus mempersiapkan kelahiran si kucing. Lakukan observasi secara khusus untuk melihat tanda-tanda kelahirannya.

Kesimpulan

Cara berkembang biak kucing kurang lebih sama dengan manusia. Seputar hamil, melahirkan dan kemudian menyusui. Fase kehamilan yang dihadapi juga hampir sama, hanya saja saja waktu kehamilan kucing lebih singkat. Jangan lupakan nutrisi yang dibutuhkan kucing, ketika kucing kesayangan kamu sedang hamil.