6 Informasi TPU Legok Ciseureuh Lengkap

Tempat pemakaman umum seperti terdengar tidak begitu penting untuk diketahui informasinya. Padahal, tempat yang biasa disingkat TPU ini akan menjadi rumah terakhir, semua akan mengalaminya.

Di Bandung, ketersediaan lahan makam memang belum kritis.

Paling tidak, belum sampai sama mengkhawatirkannya dengan ketersediaan lahan makam di Jakarta.

Saat Ini warga jakarta banyak yang sampai memakamkan keluarganya ke daerah karawang, terutama ke makam swasta seperti San diego hills

Ya, warga Bandung bisa sedikit bernapas lega karena masih ada lahan makam yang bisa digunakan ketika membutuhkannya. Namun, perlu juga diketahui informasi penting lainnya agar ketika membutuhkan lahan makam tidak kebingungan.

tpu legok ciseureuh

Sama seperti kota lainnya, Bandung pun memiliki dinas khusus yang mengelola TPU. Dan TPU pemerintah di Bandung cukup banyak, salah satunya adalah TPU Legok Ciseureuh.

Untuk membuat Anda mengenal lebih jauh seperti apa TPU yang satu ini, di sini akan diberikan rangkuman informasi yang lengkap untuk Anda.

Ada beberapa informasi mengenai TPU Legok Ciseureuh yang bisa dibagikan. Beberapa informasi yang perlu diketahui warga Bandung terkait TPU Legok Ciseureuh ini adalah sebagai berikut:

Lokasi TPU

TPU ini berada di Kota Bandung. Untuk alamat lengkapnya, TPU ini berada di Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Bojongloa Kidul. Tidak susah untuk bisa menghampiri TPU yang satu ini karena akses jalan yang memadai.

Tidak hanya digunakan sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi warga Mekarwangi saja, namun juga digunakan oleh warga Ciburuy, Kopo dan sekitarnya.

Luas Area

Luas area pemakaman ini adalah 16.651 meter persegi.

Memang tergolong sangat luas untuk sebuah pemakaman. Namun jika sudah berusia lama, tetap saja makam seluas ini sudah tidak lagi memiliki banyak lahan kosong yang bisa digunakan.

Pengelolaan

Karena merupakan TPU pemerintah, maka tentu saja ada pengelola dari pihak dinas.

Di TPU ini terdapat pegawai negeri sipil sejumlah 3 orang. Dan ada pula 6 pekerja tambahan. Namun, jika dilihat dari idealnya sebuah pengelolaan makam dengan luas seperti TPU ini, maka jumlah pengelola sangat tidak ideal.

Meski begitu, tetap diadakan kegiatan pengelolaan seperti pembayaran biaya retribusi makam, pembersihan pemakaman secara keseluruhan, perawatan taman makam, dan juga perawatan petak-petak makam.

Kondisi Pemakaman

Secara garis besar, pemakaman Legok Ciseureuh ini terbilang cukup rapi.

Penataan petak makam tidak sembarangan dan bisa benar-benar memanfaatkan area pemakaman dengan baik. Namun, nampak jelas kebersihan di area pemakaman tidak maksimal.

Terlihat beberapa sektor pemakaman terdapat sampah yang menumpuk dan juga terlihat beberapa makam yang sangat tidak terawat rapi. Meski belum menjadi TPU yang paling indah, masih sangat mungkin adanya perbaikan kerapihan dan kebersihan area pemakaman sehingga kesan angker tidak terasa.

Hal ini bisa terwujud salah satunya ketika pengelolaan semakin ditingkatkan dengan cara penambahan anggota pengelola atau menambah karyawan tambahan.

Retribusi

Karena merupakan TPU pemerintah maka ada biaya retribusi. Biaya ini berupa biaya administrasi ketika baru memakamkan jenazah dan juga biaya retribusi perpanjangan izin sewa lahan makam.

Penghapusan TMC

Jika dulu Bandung memiliki aturan yang jelas soal Taman Makam Cadangan atau TMC, maka kin sudah tidak berlaku. Begitu juga di TPU ini, seseorang tidak bisa lagi memesan makam ketika memang belum ada anggota keluarga yang meninggal.

Demikian tadi informasi penting yang bisa dibagikan mengenai TPU Legok Ciseureuh. Sebarkan informasi ini jika dirasa bermanfaat untuk sesama warga Bandung agar lebih mengenal TPU yang ada di Bandung khususnya Legok Ciseureuh ini.

 

Tagged