Apa yang Menyebabkan Biaya Pembuatan Sumur Gali Jogja Tinggi?

Sebelum membuat, Anda harus mengetahui biaya pembuatan sumur gali Jogja untuk mempersiapkan budget yang sesuai. Selain itu, juga paham patokan penentu harga agar bisa memperhitungkan segala sesuatunya.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Sumur Gali Jogja

Terkadang, banyak orang takut untuk membuat sumur karena biaya terlalu tinggi. Sebenarnya, harga ditentukan oleh banyak atau sedikit tenaga dan material yang dibutuhkan. Mau tahu apa saja faktor pemicu meningkatnya biaya penggalian meningkat? Berikut penjelasan singkatnya:

1. Kedalaman Sumur

Biaya yang dipatok oleh penyedia jasa bervariasi, salah satu penentunya adalah kedalaman sumur. Semakin dalam penggalian, maka biaya akan ditawarkan sesuai dengan pengerjaan. Maka dari itu, harga lebih bervariasi.

Ini tentu berkaitan juga dengan struktur tanah sehingga sulit ditemukan sumber mata air. Dengan begitu, biaya pembuatan sumur gali Jogja akan semakin meningkat karena dibutuhkan material dan tenaga untuk menyelesaikannya.

2. Medan Pembuatan

Lokasi penggalian juga merupakan patokan dalam menentukan harga. Karena struktur tanah kering, biasanya sumber air terdapat di bagian yang lebih dalam. Kemudian di dataran tinggi, tentu akan lebih susah menemukan air tanah dibanding lokasi rendah.  

Maka dari itu kedalaman harus ditambah. Material dan tenaga otomatis juga akan membengkak jumlahnya otomatis biayapun ikut bertambah. Untuk perencanaan biaya penggalian, Anda bisa diskusikan dengan jasa sumur bor Jogja untuk mendapatkan solusi terbaik.

3. Material Bangunan

Material yang digunakan sumur gali antara lain, batu bata atau batako, semen dan batu-batuan. Penambahan biaya material sebenarnya berhubungan dengan faktor lain di atas. Misalnya, jika kedalaman bertambah maka bahan juga demikian.

Hal inilah yang tidak mungkin bisa diminimkan, karena fungsinya sebagai pelindung sumur dari kontaminasi kotoran atau rembesan dari aliran lain. Selain itu, pemilihan material juga berpengaruh karena harga batako dan batu bata berbeda.

4. Tenaga Ahli 

Di sini tenaga manusia adalah penentu utamanya. Maka dari itu, jumlah pekerja sangat mempengaruhi cepat tidaknya penggalian. Karena semakin banyak, lebih mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam proses pengerjaan.

Namun jika tenaga ditekan untuk meminimalkan biaya, maka pekerjaan akan bertambah lama selesai dan tidak maksimal hasilnya. Maka dari itu, semua harus disesuaikan secara benar. Tentu harus didiskusikan juga dengan jasa pembuatan sumur gali yang tepat

Sekian penjelasan singkat tentang faktor penyebab meningkatnya biaya pembuatan sumur gali Jogja. Jangan sungkan untuk mendiskusikan dengan pihak penjual jasa, agar hasil yang didapat lebih maksimal. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda.

 

 

Tagged