Gampang! 5 Step Cara Membuat Buket Bunga untuk Wisuda

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi tentang bagaimana cara membuat buket bunga, khusus yang sering dipakai untuk acara wisuda ataupun pernikahan dari kain flanel. Tips ini saya sadur dari web Alicia Florist ya.

Kain flanel adalah kain yang terbuat dari serat wol, tanpa dilakukan proses penenunan, dibentuk dengan proses penguapan dan pemanasan sehingga tercipta kain yang bertekstur unik yang beda dengan kain lainnya.

Tekstur dan bentuk kain flanel inilah yang membuat kain ini sangat mudah untuk dibentuk dan dibuat ornamen bunga untuk buket bunga yang indah dan murah. Nah, bagaimana cara membuatnya, yuks simak beberapa langkah berikut ini.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Untuk membuat buket bunga flanel , kamu harus menyiapkan beberapa bahan. Seperti: kain flanel berbagai warna (sesuaikan dengan selera anda), gunting, lem lilin, atau lem tembak, kertas tisu, dan pita.

Alat dan bahan itu bisa anda temukan di toko kain ataupun toko peralatan terdekat di daerahmu. Alat dan bahan ini sangat mudah dijumpai, dengan sentuhan kreativitas, alat dan bahan dan sederhana ini bisa disulap menjadi buket yang murah, mudah, namun tetap indah dipandang mata.

Buket Bunga untuk Wisuda

2. Gunting Kain Flanel

Pertama, anda harus gunting kain flanel, secara memutar berbola seperti bentuk oval, untuk ukurannya menyesuaikan selera anda. Semakin besar, maka bunga yang terbentuk akan semakin besar pula, namun harus tetap pada batas kenormalan ya, sebab nanti akan berpengaruh pada bentuk buketnya.

3. Buat Bentuk Bunga

Selanjutnya, anda harus membuat bunga dengan cara menggulung secara memutar kain flanel yang telah digunting tadi. Nah, ketika dirasa sudah cukup, kamu harus memberikan lem di bagian akhir putaran agar bentuk bunga ini awet dan kokoh tidak gampang rusak.

Pada langkah ini, anda dibebaskan untuk menentukan bentuk bunga dan model bunga yang anda inginkan. Tergantung selera dan kreativitas anda.

4. Menyusun Bunga Buket

Langkah Selanjutnya adalah menempel dan menyusun bunga-bunga yang sudah anda buat tadi pada kain dudukan yang sudah dibuat di awal dengan menggunakan lem. Eits, jangan lupa untuk memulai dari tengah ya, agar terbentuk susunan yang perfect.

Bunga ini kamu susun sedemikian rupa agar berjajar rapi dan membentuk kerangka yang nyaman di pandangan mata.

5. Berikan Kertas Sampul

Ketika buket bunga sudah terbentuk, anda harus memberikan sampul plastik dan sampul kertas agar terlihat berkilauan dan nyaman dipandang mata. Sampul ini selain menambah estetika, fungsinya adalah agar kain flanel dari bunga yang anda buat lebih awet dipajang.

6.  Finishing

Langkah terakhir membuat buket bunga wisuda adalah finishing. Di tahap ini, buket bunga yang sudah anda buat diberikan tali pita, fungsinya agar lebih nyaman nan elok dipandang mata. Dengan melakukan tahap terakhir ini, kamu sudah selesai membuat buket bunga dari dari kain flanel.

***

Itulah 6 cara membuat buket bunga dari kain flanel yang gampang banget kamu coba. Dalam proses membuat, tentu dibutuhkan kreativitas dan keuletan dalam menyusun dan merangkainya.

Namun, dengan ketelitian dan kesabaran, anda pasti bisa membuat buket bunga yang indah dan mempesona. Sehingga kamu tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli buket bunga. Selamat mencoba…

Baca juga: https://www.banjarmasin.aliciaflorist.com/2017/11/25/buket-bunga-tangan-banjarmasin/

 

Tagged , , , ,