Makan Buah Alpukat Berlebihan, Hati-Hati Ini Efek Samping Yang Bisa Terjadi

Siapa yang tidak mengenal buah alpukat? buah lezat yang satu ini tak hanya lezat namun memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. mulai dari mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung, membantu program diet, dan masih banyak lainnya.  Namun meskipun begitu, jika dikonsumsi secara berlebihan, alpukat malah bisa menyebabkan berbagai efek samping yang membahayakan. lalu apa saja efek samping berbahaya yang bisa dialami ketika berlebihan mengkonsumsi buah alpukat?

1. Berat Badan Meningkat

Buah alpukat, seperti alpukat miki memang dapat membantu program diet karena buah ini cukup mengenyangkan.  Hal ini dikarenakan kandungan di dalam buah alpukat yang padat lemak dan kalori, apalagi jenis lemak yang terkandung juga merupakan lemak tidak jenuh yang pastinya sangat sehat bagi tubuh.  Namun meskipun merupakan jenis lemak sehat, lemak tetaplah lemak yang bisa menyebabkan berat badan meningkat jika dikonsumsi berlebihan. Dalam 30 gram buah alpukat rata-rata mengandung sekitar 322 kalori di dalamnya. inilah yang menyebabkan mengkonsumsi alpukat berlebihan bisa menyebabkan kenaikan berat badan

2. Defisiensi Nutrisi

Sebenarnya bukanlah sebuah masalah besar jika mengkonsumsi sayur dan buah setiap harinya, namun jika anda hanya mengkonsumsi 1 jenis makanan yang sama setiap harinya tentu ini tidak akan mencukupi kebutuhan nutrisi harian. kandungan gizi dalam alpukat cukup tinggi dan juga mengenyangkan. Namun nutrisinya tidak akan cukup memenuhi kebutuhan harian anda. Jika anda makan makanan yang sama setiap harinya ini akan membuat tubuh kekurangan zat gizi tertentu.

Selain itu mengkonsumsi buah alpukat terus menerus tanpa mengkonsumsi makanan lainnya bisa mengakibatkan tubuh kekurangan protein dan kalsium. hal ini dikarenakan buah alpukat yang minim kedua kandungan tersebut.  Inilah mengapa sangat penting untuk mengkonsumsi berbagai makanan bergizi dan seimbang setiap harinya.

3. Gangguan Pada Organ Hati

Masalah lainnya yang juga bisa dialami ketika mengkonsumsi buah alpukat berlebihan adalah munculnya gangguan pada organ hati. Fungsi organ hati salah satunya adalah untuk metabolisme lemak di dalam tubuh. inilah yang menyebabkan mengapa konsumsi buah alpukat yang berlebihan malah akan mengganggu kerja organ hati, karena lemak di dalam alpukat akan semakin memperberat kerja organ hati. Selain itu kandungan jenis lemak tertentu yang terdapat pada masing-masing jenis alpukat tertentu juga bisa menyebabkan kadar zat yang menyebabkan kanker hati meningkat.

4. Menurunkan Kerja Obat

Konsumsi alpukat yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab penyerapan pada jenis obat tertentu bisa terhambat di dalam tubuh. Biasanya obat yang terpengaruh akibat konsumsi alpukat yang berlebihan adalah obat anti peradangan serta jenis obat yang berhubungan dengan kekentalan darah. Yang mana juga akan menyebabkan luka maupun pengentalan darah yang sulit terjadi. Sehingga luka menjadi sulit untuk sembuh.

5. Menurunkan Kolesterol

Menurut sumber bibit buahku, Buah alpukat menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa menyebabkan berbagai permasalahan seperti penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, dan lainnya. Namun  meskipun begitu, ada efek samping lainnya yang bisa disebabkan akibat mengkonsumsi buah alpukat secara berlebihan. kandungan beta-sitosterol yang cukup tinggi di dalam buah alpukat memang bisa menyerap kadar kolesterol jahat, namun jika jumlah yang dikonsumsi berlebihan maka ini bisa juga menyerap kolesterol baik yang memiliki manfaat untuk tubuh.

6. Menyebabkan Alergi

Meskipun kasus seperti ini jarang terjadi, namun tak jarang beberapa orang bisa mengalami alergi ketika mengkonsumsi alpukat dalam jumlah yang berlebih. Hal ini dijelaskan dalam Jurnal Allergy, Asthma, and Clinical Immunology menjelaskan jika alergi alpukat bisa menyebabkan beberapa gejala seperti batuk, bersin, hidung tersumbat, hingga pembengkakan. Jika gejala seperti ini anda rasakan setelah mengkonsumsi alpukat, maka akan lebih baik untuk meniadakan terlebih dahulu menu alpukat dalam menu makanan sehari hari dan mengamati apakah gejala tersebut masih ada atau tidak.

Meskipun menyehatkan, namun buah alpukat tidak akan baik jika dikonsumsi secara berlebihan. karena itulah konsumsi secukupnya saja sehingga anda bisa mendapatkan manfaat terbaik dari buah alpukat untuk kesehatan tubuh.

Tagged , , ,