Kelebihan yang Dimiliki Genteng Metal

Kebanyakan logam populer kini digunakan untuk membangun industri, komersial, dan perumahan. Untuk bangunan rumah banyak jenis logam yang cocok digunakan sebagai atap. Salah satu bahan yang dipakai untuk membuat genteng ialah jenis metal. Atap rumah yang terbuat dari metal dipercaya mempunyai daya tahan yang kuat. Selain itu, memakai logam ini sebagai genteng hanya membutuhkan sedikit perawatan saja. Tidak jarang orang-orang mulai beralih menggunakan genteng metal sebagai pilihan utama ketika membangun rumah. Untuk itu, bagi Anda yang masih ragu dengan atap logam ini, maka simak keunggulan atap metal berikut ini.

genteng metal

Keunggulan Genteng Metal Bagi Anda yang Ingin Memasangnya

1. Harga terjangkau

Keunggulan pertama yang ditawarkan oleh genteng logam ini yaitu harganya yang relatif murah. Tidak seperti genteng-genteng lainnya yang memiliki harga lebih mahal. Atap metal termasuk ke dalam kategori harga menengah. Jadi, Anda tidak perlu merogoh uang terlalu banyak.

2. Daya Tahan Kuat

Genteng metal termasuk salah satu jenis genteng yang mempunyai daya tahan tinggi dan cukup baik. Jangan khawatir akan pecah karena genteng ini bersifat anti pecah. Atap yang berbahan metal akan kebal terhadap serangga, jamur ataupun rayap. Dengan demikian genteng tidak akan mudah menjadi lapuk. Poin plusnya, menggunakan metal sebagai atap dapat bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

3. Pilihan Warna yang Beragam

Bosan dengan warna atap yang itu-itu saja? Anda bisa beralih memakai genteng metal yang menyediakan beragam macam pilihan warna yang bervariasi. Pertimbangan ketika memilih warna untuk atap bisa disesuaikan dengan cat rumah. Dengan begitu, bisa dibuat kombinasi yang selaras, Konsep rumah mulai dari tradisional, minimalis, hingga modern dapat dicocokkan dengan atap logam ini. Terlebih lagi bagi Anda yang menyukai eksperimen.

4. Tidak Terlalu Berat

Bentuk atap yang menggunakan metal memang berupa lembaran-lembaran yang bobotnya tidak seberapa alias ringan. Jika dibuat perhitungan, berat genteng metal yang mempunyai luas 1 meter persegi kurang lebih sekitar 7 kilogram. Ini sangat ringan apabila dibandingkan atap yang memakai beton sebagai bahan dasar dan memiliki berat sekitar 60 kilogram per luas yang sama. Tentu saja hal ini menjadi bukti bahwa genteng berbahan metal jauh unggul.

5. Pas untuk Daerah Rawan Gempa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berat genteng berbahan metal sangatlah ringan. Sehingga apabila dipakai untuk lokasi yang sering terjadi gempa tentunya akan aman. Selain itu, terdapat pemasangan khusus dimana genteng menyatu rapat dengan kerangka rumah. Oleh karena itu, akan menambah keamanan ketika terjadi bencana.

Nah, itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh genteng metal. Sebelum memutuskan untuk beralih ke jenis atap ini, ada baiknya jika Anda berkonsultasi kepada yang ahli terlebih dahulu. Dengan begitu, kebutuhan genteng bisa disesuaikan sesuai kondisi rumah.

 

Tagged