Rekomendasi Aplikasi Pemotong Video Terbaik di Android Untuk Membuang Bagian Video

Salah satu profesi yang paling banyak diminati saat ini adalah menjadi seorang konten kreator dengan konten utama berbentuk video. Menjadi konten kreator tentu mengharuskan kamu untuk dapat survive dalam banyak platform, tidak hanya Youtube saja, melainkan juga platform lainnya, baik itu seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau mungkin blog pribadi kalian.

Setiap platform tentu memiliki ketentuan yang berbeda-beda terkait dengan aturan video yang dapat kamu upload. Hal tersebut umumnya berkaitan dengan durasi dari video. Jadi, ini artinya kamu tidak dapat seenaknya mengupload video dengan durasi video yang super panjang. Jadi, untuk itu kamu akan membutuhkan sebuah aplikasi pemotong video agar video yang kamu miliki bisa tetap dinikmati oleh pengikut kamu.

1. KineMaster

KineMaster

KineMaster menjadi aplikasi Android pertama yang direkomendasikan. Dalam aplikasi KineMaster kamu bisa memotong video menjadi beberapa bagian dengan memanfaatkan fitur yang sudah terdapat secara default. Tidak hanya memotong video seperti biasa, melainkan kamu disuguhkan dengan beberapa opsi yang dapat dipilih.

Cara memotong video di kinemaster yang pertama adalah kamu bisa memilih pemotongan hanya bagian video yang berada di kanan penanda pemotongan. Kedua, sebaliknya kamu bisa memotong pada sisi kiri penanda, sehingga video akan terpisah menjadi dua bagian. Ketiga, kamu juga bisa membagi video menjadi dua bagian dengan fitur cutting by playhead.

KineMaster dapat kamu download secara gratis melalui halaman Google Play Store.

2. Viva Video

Aplikasi dengan antarmuka yang modern ini, dapat menjadi aplikasi untuk memotong video kamu agar bisa diupload ke instagram dengan cara yang mudah. Tentu bagi pengguna android sudah tak asing dengan Viva Video, aplikasi edit video yang belakangan menduduki posisi puncak di Google Play Store.

Selain memiliki kepiawaian dalam membantu editor untuk mengedit video, baik untuk pemberian backsound, effect, dan sebagainya, Viva Video juga bisa diandalkan jika kamu ingin mengurangi durasi dari video yang kamu miliki. Cara pemrosesannya sangat mudah. Cukup dengan memilih video, masukkan ke dalam timeline editor, dan pilih fitur trim.

Setelahnya cukup atur posisi bagian video yang ingin dilakukan pemotongan, lalu lanjutkan ke proses selanjutnya. Terakhir, lihat hasilnya apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan atau belum. Jika belum, ulangi tahap sebelumnya. Lalu, jika sudah, lakukan export project dengan resolusi yang diinginkan.

3. Power Director

Power Director

Tidak hanya dapat berfungsi di platform desktop saja, Power Director kerap diandalkan untuk melakukan proses editing video dasar. Contoh saja jika kamu ingin upload video di Instagram dengan maksimal durasi 1 menit, maka kamu bisa menggunakan Power Director untuk mengurangi durasi dari video aslinya.

Berikut langkah untuk memotong video di Power Director:

  1. Siapkan video yang akan dipotong.
  2. Buka aplikasi Power Director dan import video ke dalam timeline project.
  3. Setelahnya pada bagian Tools, cari fitur Trim untuk memotong video.
  4. Atur posisi video mana yang ingin di potong, lalu tekan Ok.
  5. Cek kembali, apakah hasil video telah sesuai.

Sebagai tips tambahan, ada baiknya dalam melakukan pemotongan video, perhatikan bagian jalan cerita video. Jadi, pastikan bila bagian yang dibuang tersebut tidak akan membuat penonton menjadi bingung terhadap jalan cerita yang ingin kamu sampaikan. Untuk melihat tips lanjutannya, kamu bisa baca di situs teknolagi, ya.

Dengan menggunakan ketiga aplikasi edit video android di atas, kamu kini dapat melakukan pemotongan video dengan lebih mudah dan bisa dilakukan dimana saja. Sekarang kamu sudah bisa mengupload video ke sosial media kamu dengan video baru berdurasi lebih pendek. 

Tagged