Sederhana, Begini Cara Menghitung Persentase Keuntungan dari Modal

Salah satu ciri usaha yang baik adalah selalu melakukan perhitungan jual beli secara seksama, bukan sekedar menjual barang di atas harga beli atau modal saja. perhitungan yang dimaksud bisa meliputi anggaran dasar, grafik penjualan hingga keuntungan yang didapat dari waktu ke waktu. Berbagai macam data tersebut diantaranya disajikan dalam bentuk persentase. Format persen dipilih karena akan memudahkan pengusaha dalam mengendalikan berbagai hal dalam bisnisnya.

Cara Mengetahui Keuntungan dan Persentasenya Sesuai Modal yang Dikeluarkan

Kegunaan Fungsi/ Rumusan Persentase

Cara Menghitung Persentase Keuntungan dari Modal

Salah satu perhitungan yang biasa dilakukan oleh perusahaan ataupun brand untuk memperkenalkan dan menjual produknya adalah dengan memberikan diskon pada beberapa produk mereka. Persentase yang dapat menarik calon konsumen ini harus ditentukan secara cermat agar efektif tanpa mengorbankan keuntungan secara signifikan. Pada intinya, pemberian diskon ini tetap memberikan keuntungan kepada perusahaan selain sekedar sebagai media promosi saja.

Selain halnya untuk menentukan diskon, persentase juga digunakan untuk membuat proyeksi pertumbuhan usaha. Dengan membuat persentase keuntungan, perusahaan lebih mudah dalam mempresentasikan pencapaian dalam jangka waktu tertentu. Persentase keuntungan ini juga dimanfaatkan untuk memudahkan kerjasama dengan pihak lain yang masih ada hubungannya dengan penjualan produk tersebut.  

Konsep dan Rumusan Persen

Lalu bagaimana cara menghitung persen keuntungan dari modal yang dikeluarkan? Sebelum itu, tak ada salahnya Anda mengetahui tentang konsep persentase terlebih dahulu. Persentase atau persen adalah bilangan perseratus yang dipergunakan dalam perhitungan data, dimana seratus digunakan untuk mewakili keseluruhan.

Lambang persen sendiri dituliskan dalam simbol persen (%) di belakang angkanya. Dalam menentukan nilai persen tersebut, Anda bisa melakukannya dengan membagi jumlah bagian data yang dimaksud dengan jumlah keseluruhan data. Setelah mendapatkan hasil pembagian yang berupa pecahan, bilangan tersebut kemudian dikalikan dengan seratus untuk menghasilkan persentase yang sesuai.  

Sementara persentase keuntungan adalah nilai keuntungan yang disajikan dalam bentuk persentase (%). Nilai keuntungan sendiri didapat dari harga jual dikurangi harga beli (modal). Untuk menyajikan dalam bentuk persen, nilai keuntungan tersebut dibagi lagi dengan harga beli (modal) lalu dikalikan dengan 100%. Persentase keuntungan ini biasanya dijadikan sebagai indikator keuntungan yang mereka dapatkan. berapapun nilainya, persentase ini bisa sangat bermakna bagi usaha mereka.

Dapat disimpulkan bahwa rumus persentase keuntungan, yaitu:

  • untung (%) = (harga jual – modal) ÷ modal x 100%

atau dalam bentuk lain yang lebih sederhana adalah

  • untung (%) = keuntungan ÷ modal x 100%

rumus persentase keuntungan dari modal

Contoh Cara Menghitung Persen Keuntungan dari Modal

Agar Anda lebih mudah dalam memahami bagaimana cara menghitung persentase keuntungan dari modal, silahkan simak contoh soal berikut ini

Nina membeli sebuah tas dengan harga Rp. 150.000. Setelah dipajang selama beberapa hari di display tokonya, tas itu terjual dengan harga Rp. 180.000. Lantas berapa keuntungan yang didapat Nina dan berapa persen keuntungan dari modal yang diterimanya?

Diketahui:

  • Harga beli (modal) = Rp. 150.000
  • Harga jual = Rp. 180.000

Ditanya:

  1. keuntungan yang didapat
  2. persentase keuntungan

Dijawab:

a) Keuntungan yang didapat 

keuntungan = harga jual – modal

keuntungan = 180.000 – 150.000

keuntungan = 30.000

b) Persentase keuntungan

% keuntungan = [keuntungan ÷ modal]x100%

% keuntungan = [30.000 ÷ 150.000]x100%

% keuntungan = [3 ÷ 15]x100%

% keuntungan = [0,2]x100%

% keuntungan = 20%

Jadi, keuntungan yang didapat Nina adalah Rp. 30.000 atau sebesar 20% dari modal.

Catatan: Perlu diingat bahwa cara menghitung persentase keuntungan ataupun kerugian, selalu dibagi dengan modal (harga awal/beli), bukan dengan harga jual.

Demikianlah cara untuk mengetahui berapa persen keuntungan yang didapat berdasarkan modal yang dikeluarkan dengan sebuah contoh sederhana. Dengan penjelasan yang disederhanakan diikuti contoh, semoga Anda dapat memahami operasi matematika sederhana ini dengan lebih mudah.

 

Tagged ,