Daftar Cagar Alam Di Indonesia

Masyarakat Indonesia sendiri tampaknya masih lupa akan pentingnya untuk selalu menjaga lingkungan yang berada di kawasan mereka supaya tetap terjamin keasliannya agar bisa ditempati oleh berbagai jenis hewan dan tumbuhan.

Namun kenyataan sampai hari ini sendiri masyarakat cukup sering untuk membuang sampah sembarang hal itu juga yang bisa membuat rusaknya lingkungan yang kita tempati ataupun cagar alam.

Maka dari itu kita harus mulai merubah kebiasaan kita untuk membuang sampah sembarang menjadi membuang sampah pada tempatnya.

Dan juga sampai saat ini masih banyak masyarakat yang tetap memburu hewan langka yang berada di kawasan cagar alam sendiri yang tentunya hal itu dilarang oleh pemerintah. Contohnya memburu harimau untuk diambil kulitnya maupun gajah untuk diambil gadingnya.

Padahal gajah dan harimau sendiri merupakan salah satu hewan yang cukup berperan penting untuk menjaga rantai makanan maupun ekosistem yang berada di hutan maupun cagar alam itu sendiri.

Tempat wisata cagar alam

Berbagai Cagar Alam Yang Ada Di Indonesia

Cagar alam yang ada di Indonesia tentunya memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda-beda akan tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu dengan menjaga atau melestarikan tumbuhan maupun hewan yang berada di lingkungan tersebut. Nah berikut cagar alam terbaik yang ada Indonesia :

  1. Cagar Alam Kawah Ijen

Untuk cagar alam kawah ijen sendiri masih banyak yang belum tahu jika kawasan kawah ijen ini sudah termasuk cagar alam lho. Meskipun wisata kawah ijen sendiri terdapat banyak pro kontra yang sudah dijadikan sebagai tempat wisata umum.

Meskipun demikian pemerintah tetep membuka wisata kawah ijen untuk umum agar bisa memperbaiki ekonomi masyarakat yang berada di sana.

Seperti yang sudah di bahas di https://alamalami.com/, tempat wisata kawah ijen sendiri masih terdapat jenis tumbuhan yang dilindungi maupun elang jawa maka dari itu tempat ini dijadikan cagar alam oleh pemerintah.

Meskipun demikian kawah ijen menawarkan pemandangan yang sangat bagus salah satunya yaitu dengan adanya api biru dan belerangnya

      2. Cagar Alam Waigeo Barat

Tentunya kamu tidak terlalu asing dengan nama wisata waigeo barat ini karena letak dari tempat ini sendiri  di raja ampat yang tentunya sudah  terkenal akan indahnya pemandangan laut dan pantainya yang masih alami.

Disini kamu hanya perlu menyebrangi untuk sampai ke cagar alam waigeo barat dengan memakai perahu warga sekitar dengan biaya yang terbilang cukup murah kok yaitu sekitar  150rb

Di waigeo barat sendiri kamu masih bisa menemukan berbagai hewan langka dan hutan yang asli salah satunya burung cendrawasih yang sangat cantik bentuknya.

     3. Cagar Alam Karang Bolong

Wisata alam karang bolong ini sendiri merupakan cagar alam yang cukup unik karena di cagar alam ini sendiri terletak di nusakambangan yang tentunya tempat berbagai jenis  penjahat kelas kakak yang di penjara di sini.

Di tempat ini kamu juga akan menemukan pantai yang masih cukup asli dan tentunya goa yang unik dan menawan.

Tetapi jika mau mengunjungi wisata ini jangan lupa ya untuk sedia bekal makanan dan minuman yang cukup karena di sini cukup jarang menemukan orang berjualan makanan.

      4. Cagar Alam Anak Krakatau

Anak Krakatau merupakan sebuah tempat wisata yang menawarkan sensasi yang cukup berbeda karena tempat ini berada di antara gunung yang aktif dan lautan dengan memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Namun di sisi positifnya para wisatawan dapat melihat berbagai jenis jamur, tumbuhan paku maupun hewan lainnya.

Jika mau mengunjungi wisata ini kami sarankan anda memakai sepatu gunung karena di sini kamu harus berjalan mendaki maupun berjalan di atas pasir.

 

 

Tagged ,