Kucing Suka Makan Cicak Dan Hewan Kecil Lainya, Cegah Atau Jangan ?

Sebagai seorang yang suka memelihara kucing, tentu kita dituntut untuk selalu melakukan yang terbaik bagi kucing kita. Termasuk dalam hal pemberian makanan kucing.

Namun, meski kita sudah memberikan makanan kucing yang bagus buat kucing, terkadang kucing tetap saja menjalankan nalurinya sebagai predator. Yaitu makan cicak dan beberapa hewan kecil lainya yang hidup di sekitar rumah.

kucing makan cicak

Lalu apa yang harus dilakukan oleh pemilik kucing, jika mengalami hal demikian ?

Ya tentu ini tidak bisa dihukumi secara massal, karena berbeda hewan yang dimakan kucing maka boleh atau tidaknya juga bisa berbeda. Misalnya jika kucing makan cicak tentu itu boleh, namun jika kucing makan kecoa maka sebaiknya dicegah sebisa mungkin.

Itulah mengapa kita harus tau, kucing suka berburu hewan apa saja saat bermain.

Daftar hewan Yang Suka Di Makan Kucing

Sebenarnya banyak sekali jenis hewan kecil yang suka diburu kucing. Namun hanya sedikit saja yang suka kucing makan setelahnya. Kebanyakan cuma untuk mainan saja.

Berikut daftar hewanya :

  • Cicak

Yap, cicak merupakan salah satu hewan apes, karena kenyataanya kucing suka makan cicak. Bahkan bisa dibilang doyan. Saya sering sekali menjumpai kucing di sekitar rumah saya berhasil memburu cicak lalu memakannya, mungkin hampir setiap bulan kadang melihatnya. Walaupun untuk beberapa waktu belakangan ini sudah jarang terjadi.

Namun tetap saja, yang admin baca di situs myhewan.com . Kucing boleh makan cicak, asalkan cicaknya tidak berpenyakitan. Tapi memang jarang sekali kita menjumpai ada cicak penyakitan. Jadi saran saya sih biarkan, biar nalurinya tetap hidup. Selama tidak ada masalah ya biarkan saja.

  • Kecoa

Hewan yang kedua adalah kecoa. Lalu apakah berbahaya jika kucing makan kecoa ? Maka jawabnya adalah tidak berbahaya dengan catatan kecoa itu tidak berpenyakitan dan tidak berparasit. Namun jika keadaan sebaliknya, maka tentu itu akan bahaya buat kucing.

Ya, jadi menurut beberapa sumber yang saya baca, kucing makan kecoa tidak mengapa namun sangat tidak disarankan. Apalagi jika kamu pemilik kucing Ras mahal kaya Persia, maka sebaiknya Anda cegah agar si Persia tidak memakainya.

Ingat, biaya untuk kesehatan kucing juga cukup mahal, kecuali jika Anda telah memberinya asuransi kesehatan kucing. Wk, tapi ya bagusnya mencegah lebih baik dari pada mengobati. Benar kan ?

  • Katak

Yah katak merupakan hewan yang suka diburu namun jarang sekali kucing mau makan si katak. Entah apa alasannya namun biasanya jika kucing berhasil menangkap katak. Maka mereka hanya akan menjadikan si katak menjadi mainan saja.

Kenyataan semacam ini justru bagus. Karena katak memang tidak baik untuk kucing. Bahkan beberapa katak dan kodok terbukti beracun, terutama yang memiliki corak berwarna mencolok. Pokoknya kalau bisa mah jangan sampai kejadian kucing makan kodok. Untuk antisipasi saja, supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

  • Belalang

Salah satu jenis serangga yang suka hidup di sekitar rumah adalah belalang. Nah, beberapa kucing ternyata juga suka memburu hewan ini. Kadang ada yang menjadikanya sebagai mainan saja, ada pula kucing yang berani makan belalang. Lalu sebenarnya apakah belalang aman untuk kucing ?

Jika area rumah Anda tidak ada penyemprotan insektisida sih, kucing makanan belalang cenderung aman. Namun jika area rumah Anda sering terjadi penyemprotan maka kemungkinan si belalang sudah terkena racun tersebut, sehingga dikhawatirkan kalau kucing makan belalang malah nanti keracunan. Jadi sebaiknya cegah. Jauhkan kucing Anda dari tempat yang banyak serangganya.

  • Burung

Hewan berikutnya yang tak kalah apes adalah burung, pasalnya jika mereka kelihatan oleh kucing sedang berada di tanah maka otomatis ia bakal diincar kucing. Bahkan beberapa waktu lalu saya melihat seekor burung gereja yang sedang asyik mencari makan di tanah harus bernasib tragis setelah berhasil tertangkap oleh seekor kucing.

Tapi ngomong ngomong, apakah kucing makan burung itu boleh ? Maka jawabanya adalah boleh karena burung memang jika berada pada alam liarpun adalah mangsa dari kucing. Makanya jika Anda memelihara kucing sekaligus burung, harap hati hati. Agar kucing Anda tidak makan burung peliharaan Anda.

  • Kelelawar

Kejadian kucing makan kelelawar ini pernah saya lihat seminggu yang lalu. Jadi ceritanya  habis magrib mendadak ada kelelawar muda terbang terbang di dalam kontrakan. Otomatis saya buka pintu demi mengarahkannya keluar, namun sang kelelawar tetap saja terjebak dan tidak bisa mencari jalan untuk keluar dari kontrakan saya.

Setelah sekitar 5 menitan, si kelelawar masih terbang muter muter dengan sesekali terbang dengan rendah, lalu tiba tiba dari arah pintu loncatlah seekor kucing yang biasa masuk ke kontrakan saya. Dan ajaibnya kelelawar tersebut berhasil ditangkap oleh si kucing, padahal tadi lagi terbang. Setelah berhasil ditangkap lalu kelelawar di bawa kabur ke semak semak.

Pas saya lihat, dan saya sorot pake lampu hape, ternyata kucing sedang asyik makan kelelawar. Akhirnya saya tinggalkan deh. Dan sampai sekarang kucingnya masih hidup, jadi mungkin kucing makan kelelawar gak papa yah. Selama mereka masih suka berburu nampaknya mereka tidak memiliki alergi khusus terhadap hewan lain yang menjadi mangsanya.

Tagged ,