Manfaat Menggunakan Kabel Fiber Optik

Tahukah anda apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan apabila menggunakan kabel fiber optik atau konektor kabel fiber optik jika dibandingkan menggunakan kabel dengan jenis lain? Artikel ini akan coba membahas mengenai beberapa manfaat penggunaan kabel fiber optik, simak artikel berikut ini.

Anda pasti sudah tahu bukan mengenai kabel fiber optik? Kabel fiber optik adalah kabel dengan serat tipis yang terbuat dari kaca dan plastik, kabel ini telah banyak digunakan terutama pada jaringan telekomunikasi. Namun tahukah anda bahwa kabel ini dinilai lebih unggul ketimbang kabel jenis biasa alias kabel tembaga?

Untuk lebih memahami apa saja keunggulan yang dimiliki oleh kabel fiber optik, artikel ini akan coba membahas mengenai manfaat dari kabel fiber optik. Anda bisa menyimak artikel berikut ini sampai selesai agar lebih memahami apa saja manfaat yang bisa didapatkan bila menggunakan kabel fiber optik.

Manfaat menggunakan kabel fiber optik

Berikut manfaat kabel fiber optik

  • Biaya Terjangkau

Harga kabel fiber optik yang sangat mahal memang kadang jadi kendala bagi orang-orang untuk memutuskan membeli kabel ini. Selain itu pemasangannya yang relatif susah dan  membutuhkan biaya yang tinggi pasti akan menambah alasan mengapa orang-orang tidak jadi menggunakan kabel ini sebagai alternatif.

Namun bila anda menghitung biayanya untuk jangka panjang mungkin anda akan berpikir ulang mengenai penggunaan kabel fiber optik, dengan menggunakan kabel fiber optik anda bisa mengurangi besarnya biaya perawatan. Dan karena kabel ini cenderung awet maka masa hidup kabel juga panjang dan anda tidak perlu lagi terlalu sering untuk mengganti kabel.

  • Kecepatan & Jarak yang Jauh

Dalam proses transmisinya kabel tembaga seringkali mengalami kehilangan atau lost sinyal, apalagi jika terjadi gangguan secara fisik misalnya gempa bumi, hujan badai yang menyebabkan terputusnya kabel. Namun bila anda menggunakan kabel fiber anda tidak akan mungkin mengalami kehilangan sinyal pada saat melakukan transmisi.

  • Desain dinamis

Struktur serat optik yang sangat tipis membuatnya jadi mudah untuk digunakan dan lebih sedikit memakan ruang di saluran kabel. Sehingga saat kabel fiber optik ini terpilin, kabel pun tidak akan mudah rusak.

Demikian artikel mengenai manfaat kabel fiber optik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.