3 Peluang Bisnis UKM yang Potensial di Indonesia

Sampai saat ini masih banyak orang yang berpandangan skeptis terhadap peluang bisnis UKM. Mayoritas dari orang – orang seperti ini biasanya beranggapan bahwa usaha UKM adalah usaha yang nyaris tidak bisa maju dan sangat sulit untuk dikembangkan.

Pasalnya, pesaing usaha UKM adalah perusahaan – perusahaan besar yang sudah memiliki pengalaman dan sumber daya yang sangat besar.

Karena anggapan tersebut, banyak orang yang berencana mendirikan usaha UKM namun langsung pupus di tengah jalan. Biasanya mereka langsung kehilangan semangat. Padahal dengan mengikuti kursus bisnis online dapat mendukung usaha mereka melalui dunia maya.

Lantas, apakah anggapan orang – orang di atas memang benar? Apakah peluang usaha UKM memang tidak potensial untuk dijalankan? Jawabannya adalah TIDAK!! Bisnis UKM tetap potensial untuk dijalankan di Indonesia. Beberapa contoh bisnis UKM yang potensial di Indonesia adalah sebagai berikut:

3 Peluang Bisnis UKM yang Potensial untuk Dijalankan di Indonesia

1. Usaha Peternakan Sapi

Peluang bisnis UKM pertama yang potensial untuk dijalankan di Indonesia adalah usaha peternakan sapi. Usaha ini memang membutuhkan modal yang agak sedikit besar (rata – rata 25 – 50 juta rupiah untuk 2 – 4 ekor sapi), namun potensi usaha ini benar – benar sangat menjanjikan.

Saat ini Indonesia tengah mengalami defisit suplai untuk komoditi daging dan susu sapi. Artinya, permintaan ataupun kebutuhan daging dan susu sapi masyarakat Indonesia masih belum bisa terpenuhi. Dengan kata lain, masih ada porsi permintaan yang bisa dimasuki oleh pelaku usaha baru.

2. Usaha Pengolahan Rotan

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengrajin rotan tertinggi di dunia. Hasil produksi kerajinan rotan buatan Indonesia sudah diekspor dan sangat terkenal di negara – negara maju yang ada di Benua Eropa dan Amerika.

Peluang usaha pengolahan rotan membutuhkan keterampilan yang tinggi. Tidak semua orang memiliki keterampilan mengelola rotan yang mumpuni. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki kemampuan ini, Anda kami sarankan untuk menekuni bidang usaha ini.

Dengan mengandalkan peluang ekspor yang masih terbuka lebar, Anda dapat memproduksi berbagai macam produk kerajinan dari rotan untuk kemudian dijual / dipasarkan di luar negeri.

3. Usaha di Bidang Teknologi

Usaha di bidang teknologi, terutama teknologi internet cenderung membutuhkan modal yang sangat sedikit. Padahal, ketika usaha yang dijalankan sudah berkembang, potensi penghasilan yang bisa didapatkan benar – benar sangat luar biasa.

Saat ini sudah ada banyak perusahaan teknologi rintisan (perusahaan startup) yang berhasil menjadi perusahaan besar. Sebut saja perusahaan market place Tokopedia dan Bukalapak. Kedua perusahaan marketplace tersebut awalnya juga merupakan UKM. Dengan manajemen yang baik, dua perusahaan tersebut saat ini sudah berhasil menjadi perusahaan besar yang sangat diperhitungkan oleh para investor.

Itulah 3 peluang bisnis UKM yang potensial dan menjanjikan untuk dijalankan di Indonesia. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menjalankan salah satu dari beberapa peluang bisnis di atas?