Tips Belajar Tajwid Alquran Bagi Pemula

Belajar Tajwid Alquran Mudah dan Cepat Bagi Pemula

Ilmu tajwid wajib dipelajari untuk semua yang ingin belajar membaca Alquran. Hal ini dikarenakan tajwid dapat mempengaruhi ketepatan dalam membaca Alquran. Dalam mempelajari ilmu tajwid, terdapat banyak sekali hukum tajwid yang perlu anda ketahui. Dengan memahami hukum-hukum tajwid, maka anda dapat membaca Alquran secara benar. Membaca Alquran tanpa memahami hukum tajwid merupakan hal yang sia-sia. Berikut ini tips belajar tajwid Alquran secara mudah dan cepat, terutama bagi pemula.

Tips Belajar Tajwid Alquran Bagi Pemula

Ilmu tajwid dasar dipelajari pada saat kita telah mengetahui dan dapat membaca huruf-huruf Alquran atau disebut dengan huruf hijaiyah. Tajwid Alquran adalah tata cara membaca Alquran dengan baik dan benar sesuai kaidah-kaidah dalam membaca Alquran.

Berikut ini beberapa tips mempelajari ilmu tajwid secara mudah dan cepat, antara lain:

Mengetahui Beberapa Jenis Tajwid

Terdapat 30 jenis tajwid yang perlu anda pahami untuk dapat membaca Alquran dengan baik dan benar. Masing-masing tajwid tersebut memiliki cara baca yang berbeda. Setelah mengetahui jenis-jenis tajwid, maka anda juga perlu mengetahui cara membacanya.

Terdapat jenis tajwid yang harus dibaca secara berdengung atau secara lebih jelas. Dengan demikian, anda tidak dapat asal saja dalam membaca Alquran.

Mengenal Jenis Hurufnya

Setiap huruf hijaiyah mempunyai hukum tersendiri dalam ilmu tajwid serta memiliki perbedaan cara membaca. Hal ini dapat mempermudah dalam mempelajari ilmu tajwid. Sebaiknya anda pelajari secara perlahan ilmu tajwid dengan beragam jenis tajwid yang ada di dalamnya. Pastikan untuk menghafal jenis-jenis tajwid untuk mempermudah anda dalam mengaji atau membaca Alquran secara lebih tepat dan benar.

Memperhatikan Cara Membaca

Masing-masing jenis tajwid memiliki cara baca yang berbeda-beda. Untuk dapat membaca jenis-jenis tajwid secara benar, sebaiknya anda belajar dengan orang yang telah ahli. Sehingga apabila terjadi kesalahan, dapat langsung diperbaiki.

Belajar tajwid Alquran tanpa diiringi dengan praktik, maka anda tidak akan mengetahui bagaimana cara membaca yang benar. Dengan mempraktekkannya secara berulang-ulang, maka anda akan lebih terbiasa sehingga dapat membaca Alquran secara baik dan benar.

Sumber: cendekia privat

Tagged