Manfaat Daun jaruju (Daruju)

Pembaca yang kami banggakan kami akan berbagi pengetahun tentang daun jaruju atau ada juga yang menyebutkannya daun Daruju. Ada apa sih dengan daun jaruju ini? jadi bikin penasaran juga ya? baik saudara, kami akan terangkan tentang manfaatnya daun jaruju.

Daun jaruju (Daruju)

Pada waktu saya kecil punya rumah panggung di pinggir sungai yang tidak jauh dengan muara laut. Nah di seputaran gubuk saya itu ada berhektar-hektar belukar yang tumbuhannya penuh dengan jaruju. Tumbuhan jaruju ini yang kami tahu dia tumbuh di daerah ranca atau dareah yang lembap dan airnya anta atau payau, airnya pasang surut.

Tumbuhan Jaruju

Tumbuhan ini adalah tumbuhan liar. Batangnya agak sedikit merambat, daun dan batangnya berduri. Awalnya sih kami juga tidak tahu kalau daun jaruju ini ada manfaatnya. Namun ada hal yang menarik diantaranya saat teman main kami ada yang disengat kamarang.

Barangkali pembaca ga tau ya? apa itu kamarang?, Kamarang itu hewan sejenis tawon sengatannya lumayan beracun, nyatanya satu kali sengatan langsung bengkak. Nah pada waktu itu kami juga bingung teman kami nangis-nangis, sehubungan di seputaran tempat kejadian itu tidak ada apa-apa maka kami mencoba menumbuk halus daun jaruju dan ditempelkan ke bekas sengatan, ternyata tidak sampai sehari sudah tidak bengkak lagi, ajaib bukan?

Manfaat daun jaruju

Jadi dari pengalaman itu kami selanjutnya juga mencari tau, eh ternyata daun jaruju ini banyak juga khasiatnya.

Salah satu diantara manfaatnya ialah mempercepat penyembuhan sengatan tawon dan gigitan serangga lainnya.

Untuk pengobatan gigitan serangga

Adapun jika daun jaruju ini mau digunakan untuk pengobtan alternatif dari gigitan serangga beracun, maka caranya adalah: Daun jaruju yang setengah tua ditumbuk halus atau boleh juga daun yang masih muda dihaluskan kemudian dibalurkan pada tempat bekas gigitan serangga in syaa Allah ga lama akan sembuh.

Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lain dari daun jaruju ini.

Demikian sekedar berbagi pengalaman semoga tulisan ini bermanfaat buat pembaca.

Baca juga: https://www.tanam.co.id/

Tagged , ,