Perbuatan Dosa dengan Alam yang Sering Dilakukan

Para pembaca rahimakumullah, pada kesempatan ini kami ingin sampaikan mengenai; berbuat dosa dengan alam. Memangnya ada perbuatan dosa dengan alam? jawabnya “Ya tentu ada”. Simak pembicaraan kita menganai hal tersebut.

Perbuatan dosa dengan alam yang sering dilakukan

Terkadang kita tidak menyadari bahwa kita sudah merusak alam yang semestinya kita jaga. Akibatnya alam pun marah kepada manusia. Buktinya banjir dan tanah longsor di mana-man kerap terjadi.

Perbuatan dosa dengan alam

Perbuatan dosa yang berhubungan dengan alam ini juga dosa dan kesalahan manusia. Kesalahan ini adalah berhubungan dengan alam. Manusia dengan sengaja merusak alam demi kepentingan pribadi atau golongannya saja. Yang ada pada Alam dengan berbagai kemilaunya yang di dalamnya terkandung bumi, air, lautan, dan pegunungan, itu semua diciptakan Allah sebagai penjaga ekosistem bagi kehidupan dan penghidupan manusia di alam fana ini.

Manusia seyogiayanya menjaga alam

Dalam hala ini sudah sepantasnyalah bagi manusia untu menjaga alam. Sebagai rasa syukur kepada Allah, maka berkwajiban memelihara kelestarian alam. Namun apa yang terjadi justru malah asebaliknya, dan akhirnya bencana dan kerugian yang kita dapat karena ulah kita sendiri.

Jadi apa yang terkandung pada alam serta kekayaan di dalamnya kalau kita benar-benar menjaga amanah yang diberikan Allah untuk manusia, maka alam sendiri akan memberikan kemaslahatannya untuk kita. Maka di sinilah aka nada maka pastilah alam ini tidak akan pernah memberikan bencana pada kehidupan kita.

Allah telah melengkapi isi dunia untuk manusia

Seperti yang telah dijelaskan bahwasannya Allah telah melengkapi isi dunia ini dengan fasilitas dan kenikmatannya untuk makhluk-Nya yang sempurna, yaitu manusia. Oleh sebab itu sudah menjadi suatu keniscayaan manusia ini senantiasa bersyukur kepada Tuhannya yang sudah menciptakannya dan mutlak yang memiliki semua fasilitas yang kita nikmati di dunia ini.

Tanah, tumbuhan, air, laut dan seisinya, udara, ternak dan lain-lainya, pegunungan, dan sebagainya, semua untuk kepentingan manusia. Oleh sebab itu mari kita sama-sama mensyukuri ni’mat Allah, agar Allah menambah lagi ni’mat tersebut.

Sumber: https://www.fiqih.co.id/. Sekian terimakasih.

Tagged , ,