Cara Menanam Kangkung

Siapa yang tidak suka olahan dari sayuran satu ini. Benar kangkung, memang hampir semua masyarakat Indonesia menyukainya. Kangkung atau dalam bahasa latinnya adalah Ipomoea aquatica Forsk masuk kedalam jenis sayuran yang banyak tumbuh di kawasan Asia. Rasanya gurih cocok untuk dijadikan tumisan atau plencing.

Cara Menanam Kangkung untuk Pemula

Bagi Anda yang belum pernah menanam kangkung, ada beberapa langkah menanamnya. Pada dasarnya sayuran jenis ini tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan, bahkan tanah kosong belakang rumah saja bisa jadi lahannya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa ulasan di bawah:

Menyiapkan Benih

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan benih untuk ditanam. Pastikan benih pilihan telah memiliki kualitas bagus serta terbebas dari hama yang bisa membuat kangkung tidak tumbuh dengan maksimal.

Untuk pembelian bibit unggul bisa Anda dapatkan di kios-kios khusus pertanian. Penjaga toko biasanya akan paham dan memberikan beberapa pilihan jenis bibit sesuai dengan kondisi tanah yang akan ditanami. Kemudian proses selanjutnya adalah pembibitan, Anda bisa memilih diantara dua cara. Yaitu metode vegetatif atau pembibitan dengan jalan generatif (keduanya sama-sama unggul).

Persiapkan Lahan yang Akan Dipakai

Sebelum lahan siap digunakan, terlebih dahulu harus dilakukan penggemburan terlebih dahulu. Setelah tanah selesai digemburkan, buatlah gundukan tanah (jika bingung bisa mencari video penanaman yang ada di internet).

Beri jarak sekitar 40 cm untuk setiap lubangnya, agar saat tumbuh tidak terlalu dekat. Selain penggemburan tanah, Anda juga harus memastikan jika lahan tersebut sudah bebas dari hama, cabuti semua rumput liar yang ada di sekitar tempat tersebut. Kemudian jangan paksakan jumlah bibit melebihi kapasitas lahan, ini justru akan membuat produktivitas kangkung menjadi tidak maksimal.

Penanaman dan Perawatan

Proses penanaman kangkung cukup rumit karena harus memperhatikan beberapa anjuran seperti kedalaman dan jarak antar lubang yang harus dihitung. Kemudian jumlah biji 3 sampai 5 untuk setiap lubang tersebut. Jangan lupa lupa juga pemupukan yang harus dilakukan dengan benar. Selian beberapa hal di atas, penanaman kangkung sebaiknya dilakukan saat musim penghujan agar suplai air yang terkandung di dalamnya lancar dan tidak kekurangan.

Sumber: https://www.kebun.co.id/

Tagged ,