Manfaat Pendidikan bagi Suatu Bangsa

Apa jadinya jika bangsa tersebut mempunyai penduduk yang buta akan pendidikan. Bahkan anak-anak dengan kebutuhan khusus saja tetap berhak mendapatkan hak belajarnya. Lalu apa saja berbagai macam manfaat pendidikan bagi suatu bangsa?

Pentingnya Pendidikan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bermasyarakat

Saat ini Anda tinggal di sebuah negara yang kaya akan tradisi, budaya, sumber daya alam, dan sering mendapatkan julukan sebagai tanah surga. Pendidikan tentunya ikut serta membangun sebuah negara untuk lebih maju dan berkembang. Selain itu apalagi manfaatnya?

Menjadi Pribadi yang Mandiri

Secara tidak langsung pendidikan akan membuat warga negaranya menjadi pribadi yang lebih mandiri atau independen. Biasanya mereka akan lebih senang dengan barang-barang produksinya sendiri dibandingkan harus meminta-minta pada orang lain. Selain menjadi warga negara mandiri, pendidikan juga sanggup membuat mereka toleran satu sama lain. Inilah yang menjadikan suatu negara bisa menjaga kedamaian walaupun di dalamnya terdapat banyak perbedaan, baik ras, keyakinan agama, dan semacamnya.

Tidak Mudah Digoyahkan

Suatu negara bisa menjadi kuat apabila masyarakatnya juga bisa menjadi pribadi tangguh, tidak mudah digoyahkan oleh berbagai sumber berita hoax dan belum terbukti kebenarannya. Itulah mengapa suatu bangsa tetap jaya, terus maju tanpa memperdulikan hal-hal tidak penting.

Pendidikan akan membawa perubahan pada pola pikir manusia itu sendiri, mereka sadar bila hidup damai lebih menyenangkan daripada harus selalu berhadapan dengan perang, membaca berita tidak penting, dan semacamnya. Menjadi kuat adalah pilihan bangsa maju dan modern.

Menjadi Bangsa yang Bermartabat

Apa jadinya jika tidak memiliki sistem pendidikan yang resmi, terlebih lagi tidak memiliki program bagi masyarakatnya. Tentu bangsa tersebut akan dipandang sebelah mata oleh lainnya. Karena bagaimanapun martabat suatu negara terletak pada kewibawaan pendidikan masyarakatnya. Itulah sebabnya pendidikan menjadi pilar penting bagi suatu bangsa.

Tidak boleh dihapuskan barang sedikitpun darinya. Bersyukurlah karena Anda tinggal di Indonesia, dimana tidak melupakan dan selalu berusaha memperbaiki sistem yang sudah ada. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/

Tagged ,