Apa Itu Besi H Beam?

Besi H-Beam dan Besi WF - Supplier Material Konstruksi

Besi adalah unsur murni yang tidak ada campuran material dan sudah tersedia di alam, tapi besi mudah teroksidasi dan menjadi berkarat. 

Besi adalah logam transisi pertama dan merupakan unsur paling umum yang ada di bumi berdasarkan massa. Besi juga merupakan unsur kerak bumi keempat terbesar.

Kelimpahan besi di bumi terjadi karena reaksi fusi di dalam bintang bermassa besar mengakibatkan melimpahnya produksi besi. Besi berwarna abu – abu berkilau keperakan, tapi karena teroksidasi besi menghasilkan oksida hidrat atau disebut karat. 

Senyawa kimia yang ada di besi memiliki banyak sekali manfaat. Besi oksida yang dicampur oleh serbuk aluminium dapat membuat reaksi termit yang dapat digunakan untuk pengelasan dan pemurnian.

BESI H BEAM

Besi H Beam adalah produk baja yang digunakan untuk pembangunan sebagai penahan struktur bangunan dan tiang – tiang. Kenapa di sebut H Beam?? Karena bentuknya yang seperti huruf H.

Besi H Beam merupakan produk baja yang palin penting dalam pembangunan. Kegunaan besi H Beam ini untuk menahan dan memperkokoh tiang agar berdiri tegak dan tidak roboh.

Jika ingin membeli besi H Beam ini harus di perhatikan ukuran besinya. Besi H Beam dan besi I Beam memiliki bentuk yang mirip tetapi besi H Beam lebih besar dan panjang dari pada besi I Beam.

  • Dimensi: Besi H Beam terdiri dari dimensi yang lebar dan tingginya sama. ukuran dimensinya 100 MM kali 100 MM.
  • Popularitas: Besi H Beam digunakan karena ukurannya yang besar. Menggunakan besi H Beam ini cocok untuk pembuatan bangunan yang besar seperti, gedung, jembatan, apartemen dan lain – lain.

Teknik Pemotongan Besi H Beam

Besi H Beam dapat dimotongan sesuai kebutuhan bangunan. Pemotongan besi H Beam tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Proses produksi H Beam menggunakan besi murni yang telah lumer dan panas, setelah itu dibentuk lalu di las.

Dalam bahasa inggrisnya besi H Beam disebut hot rolled. Besi H Beam bisa di gunakan di struktur gedung dan di dampingi oleh besi WF untuk memasang tiang.

 Nah, terkadang ketika membeli H Beam, ukurannya tidak sesuai dengan yang kita butuhkan. Maka dari itu, perlu dilakukan pemotongan. Berikut cara memotong besi H Beam yang benar:

  1. Baringkan H Beam agar dapat di potong
  2. Siapkan gas untuk memotong besi H Beam
  3. Diukur terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan
  4. Lakukan pemotongan dengan hati – hati dan teliti agar tidak terkena tangan

Jika kalian tidak bisa memotong sendiri dan tidak punya alatnya. Jangan nekat kalian bisa menggunakan jasa bending h beam di medan. Pekerjaannya dilakukan secara profesional yang sudah ahli dibidangnya.

itu dia penjelasan besi H Beam dan cara teknik memotongnya. Pastikan terlebih dahulu ukuran dan jenis sesuai kebutuhan bangunan, jangan salah pilih agar bangunan yang kalian buat sesuai dengan apa yang kalian harapkan.

terimakasih…. stay safe yaa

Tagged ,