Beberapa Jenis Tanaman Terbaik yang dapat Menjadi Pilihan untuk Pertanian

Indonesia merupakan negara yang subur dan kaya akan kekayaan alam. Bahkan berbagai jenis tanaman terbaik bisa ditemukan. Tidak heran jika saat ini sudah terdapat banyak petani yang berinovasi untuk mengembangkan pertanian agar semakin maju dan diakui secara luas.

Jenis Tanaman Terbaik di Indonesia yang Menguntungkan

Kemajuan teknologi saat ini menghantarkan banyak perubahan baru dan membuka berbagai peluang. Inovasi gencar dilakukan untuk membuat pertanian semakin maju. Berikut ini beberapa tanaman yang sangat berpotensi di Indonesia:

1. Paprika

Paprika merupakan salah satu tanaman yang memiliki rasa pedas biasanya digunakan untuk tambahan masakan. Warnanya sendiri beragam ada yang hijau, merah, serta kuning. Harganya sendiri terbilang cukup mahal dan sering kali bisa ditemukan pada pasar besar atau swalayan.

Hambatan dalam penanamannya adalah termasuk tumbuhan yang sensitif terhadap perubahan alam, oleh karenanya tidak boleh terlalu terkena air. Saat musim hujan bisa berakibat gagal panen karena busuk, inilah mengapa harga jualnya cukup tinggi.

2. Jagung Manis

Tumbuhan pertanian selanjutnya adalah jagung manis. Tentu Anda sudah tidak asing  dengan nama tersebut. banyak orang yang menyukainya baik tua, muda, maupun anak-anak. Harganya memang sangat ekonomis dan bisa ditemukan misalnya di pasar atau tempat lainnya.

Cara pengolahannya sendiri cukup beragam, saat ini sudah banyak inovasi baru yang dilakukan masyarakat untuk menambah nilai jualnya. Misalnya adalah jasuke, puding, bakwan, pengganti nasi, dan masih banyak lainnya.

3. Herbal

Jenis tanaman herbal ini sangat menguntungkan jika ditanam di Indonesia, akan lebih bernilai ekonomis jika bisa mengolahnya menjadi berbagai racikan yang kaya akan manfaat. Hal semacam ini memang perlu pengembangan dan pengetahuan serta inovasi baru.

Herbal sendiri banyak macamnya mulai dari kumis kucing, kunyit, jahe, buah pala, cengkeh, dan masih banyak lainnya. Tumbuhan tersebut bahkan di luar negeri dihargai cukup mahal. Kunci utamanya adalah bagaimana cara mengolah dan merawatnya agar memberi hasil maksimal.

Pertanian saat ini sudah cukup maju, bahkan ditemukan seperti serum tanaman, pupuk kompos, dan sebagainya. agar bisa berkembang, petani sekarang terus menginovasikan untuk menemukan hal baru untuk memperbaiki sistem supaya bisa lebih efektif dan menambah keuntungan. Namun, juga masih banyak jenis tanaman terbaik lainnya.

Sumber Lengkap : https://berkebun.co.id/

Tagged ,