Fakta Keren Jurusan Desain Interior yang Wajib Kamu Tahu

Bagi kamu yang gemar membuat desain, pasti berpikiran untuk melanjutkan studi di bidang yang kamu minati tersebut. Ada banyak sekali pilihan jurusan desain yang ada di berbagai perguruan tinggi Indonesia, salah satunya adalah desain interior. Untuk lebih meyakinkan diri masuk ke jurusan tersebut, kamu bisa cek beberapa fakta keren dan menarik jurusan desain di bidang interior seperti di bawah ini.

3 Fakta Keren Jurusan Desain Interior, Nomor 2 Luar biasa

Jurusan Desain Interior Beda dengan Jurusan Arsitektur

Banyak orang yang salah tangkap ketika mendengar jurusan desain interior dan jurusan arsitektur. Mereka berpendapat bahwa kedua jurusan itu sama saja alias mempelajari beberapa mata kuliah yang sama. Padahal, tentu saja keduanya sangat berbeda, lho.

Jurusan di bidang desain interior lebih condong mempelajari tentang perancangan serta perencanaan tata ruang yang tidak akan pernah lepas dari unsur estetika, kenyamanan serta fungsi bagi pemilik bangunan itu sendiri. Sedangkan jurusan interior lebih mempelajari dalam hal desain bangunan, konstruksi dengan cara mempertimbangkan estetika bangunan serta fungsi struktur bangunan secara menyeluruh.

Jadi, dapat terlihat dengan jelas perbedaan antara kedua jurusan tersebut, ya. Meskipun sama-sama mempelajari tentang unsur estetika, tetapi objek yang diambilnya tentu saja berbeda. Jurusan desain interior lebih mengkaji terhadap optimalisasi pemanfaatan ruangan, sedangkan jurusan arsitektur lebih kepada rancangan bangunan secara keseluruhan.

Prospek Kerja Desain Interior Sangat Luas

Kuliah desain interior tentu saja tidak akan membuat kamu kesulitan dalam mencari pekerjaan. Jurusan ini telah di setting untuk bisa mendapatkan pekerjaan secara mudah, apalagi jika kamu sangat ahli dan memiliki banyak pengalaman di bidang desain interior.

Selain bisa menjadi seorang desain interior atau konsultan, jurusan desain interior ini bisa menjadi seorang pengawas konstruksi atau teknisi interior di berbagai perusahaan besar Indonesia. bahkan, kamu memiliki peluang untuk masuk ke perusahaan BUMN yang berfokus pada jasa konstruksi. Tentu saja, penghasilan yang bisa kamu dapatkan pun akan sangat menggiurkan setiap bulannya.

Bukan hanya bisa bekerja di berbagai perusahaan besar, bagi kamu yang ingin membuka bisnis sendiri pun ternyata bisa sekali. Kamu bisa menjadi seorang pemilik toko material yang khusus menyediakan berbagai perlengkapan interior. Bahkan, kamu bisa menyediakan berbagai produk dengan kualitas tinggi karena kamu sudah paham sekali terkait bahan-bahan yang digunakan dalam sebuah desain interior tersebut.

Telah Tersedia di Berbagai Kampus Besar Indonesia

Mencari kampus yang menyediakan jurusan desain interior kini sudah bisa kamu lakukan dengan mudah karena banyak sekali perguruan tinggi negeri maupun swasta telah memiliki jurusan tersebut. Berdasarkan informasi dari BAN PT, saat ini ada sekitar 26 kampus besar di Indonesia yang menyediakan jurusan di bidang desain interior dan 10 diantaranya telah mendapatkan akreditasi A.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi karena sudah banyak kampus yang menyediakan jurusan sesuai dengan passion yang kamu miliki. Kini saatnya kamu mendaftar dan berusaha untuk mewujudkan mimpimu di bidang yang kamu sukai tersebut.

Itulah beberapa penjelasan terkait fakta keren dari jurusan desain interior yang bisa kamu ketahui. Apabila ingin mendapatkan informasi lebih lengkap terkait jurusan itu, kamu bisa langsung kunjungi goKampus.com dan dapatkan informasi lainnya yang akan berguna bagi masa depan kamu kelak. 

Tagged