Apakah Homeschooling Tepat Untuk Anda ?

Menyaksikan anak-anak Anda tumbuh dan mendekati usia sekolah bisa jadi sulit. Sebelum Anda menyadarinya, tiba-tiba anak anda berusia lima tahun dan siap untuk masuk taman kanak-kanak. Bagi banyak keluarga, memutuskan ke mana akan menyekolahkan anak, bahkan tidak pernah dibayangkan. Mereka secara otomatis mengirimkannya ke sekolah umum terdekat. Tetapi bagi banyak orang lainnya, sekolah umum bukanlah pilihan. Ada banyak alasan untuk ini; orang tua mungkin tidak menyukai tingkat akademisi di sekolah setempat, kekerasan dapat menjadi masalah yang terus berlanjut, ukuran kelas mungkin terlalu besar atau mereka mungkin menginginkan pendidikan yang mencakup pengajaran agama dalam keyakinan khusus mereka. Pada titik inilah pilihan pendidikan lainnya mulai berlaku. Orang tua dapat memilih untuk mengirim anak-anak mereka ke sekolah swasta atau mereka dapat memutuskan untuk sekolah di rumah. Jika Anda adalah salah satu dari banyak orang tua yang tertarik dengan homeschooling anak Anda, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat membuat keputusan.

penerapan homeschooling di kota surabaya

Apakah Anda Bersedia Berkomitmen?

Komitmen waktu adalah aspek terpenting dalam homeschooling. Homeschooling membutuhkan dedikasi dan komitmen. Anda akan bertanggung jawab atas pendidikan anak Anda. Anda akan memutuskan kurikulum apa yang akan digunakan, seberapa santai atau terstrukturnya waktu belajar, kapan dan di mana Anda akan mengajar dan jenis homeschooling apa yang cocok untuk keluarga Anda. Anda harus menikmati menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda. Anda tidak harus menjadi seorang guru dan Anda tidak harus menjalankan homeschool seperti ruang kelas tradisional, tetapi Anda harus bersedia memberikan waktu dan energi Anda.

Apa Persyaratan Negara Anda?

Pertimbangan Anda selanjutnya adalah mencari tahu apa yang negara Anda syaratkan untuk homeschooler. Beberapa negara tidak mendukung adanya homeschooling. Sementara yang lainnya, cukup mendukung bahkan memfasilitasi adanya homeschooling di negara mereka. Lakukan penelitian Anda di bidang ini; sangat penting bagi Anda untuk benar-benar memahami hukum tentang homeschooling di negara anda. Anda perlu tahu hal ini. Bagaimana tentang sertifikat atau ijasah, apakah pendidikan homeschooling diakui negaara, dan lain sebagainya. Anda tidak akan mengetahuinya kecuali Anda benar-benar mengetahui persyaratan khusus di negara Anda. Beruntunglah di Indonesia perihal homeschooling sudah didukung dan diatur dalam undang-undang. Jadi anda tidak perlu kuatir tentang keabsahannya. Tapi untuk lebih meyakinkan, alangkah baiknya jika anda mengikutkan anak anda pada lembaga homeschooling yang telah diakui pemerintah seperti Homeschooling Shine Surabaya (homeschoolingshine.com)

Apa Tujuan Anda untuk Anak Anda?

Apa yang Anda inginkan untuk anak Anda? Apa tujuan pendidikan Anda? Menetapkan tujuan ini mungkin tidak selalu memengaruhi apakah Anda homeschool atau tidak, tetapi itu dapat membuat Anda tetap di jalur yang benar jika Anda memutuskan untuk homeschool. Jika anak Anda bermimpi menjadi pemain olahraga liga utama dan Anda ingin dia mengikuti program atletik yang intens selama tahun sekolahnya, homeschooling mungkin tidak cocok untuk Anda. Ini mungkin menjadi faktor penentu nanti juga. Anda dapat memutuskan untuk homeschool selama tahun-tahun dasar dan menggunakan sekolah negeri atau swasta untuk sekolah menengah. Banyak kota sekarang memiliki kelompok pendukung homeschool yang kuat yang menawarkan segalanya mulai dari kelas seni hingga olahraga. Tim-tim ini sering bertanding di arena sekolah swasta.

Hambatan Lainnya

Jika Anda mempertimbangkan homeschooling, ada beberapa argumen yang mungkin Anda dengar dari orang lain yang akan memengaruhi keputusan Anda. Yang pertama mungkin tingkat pendidikan Anda sendiri. Banyak yang yakin bahwa Anda memerlukan gelar sarjana untuk mendidik anak di rumah. Ini tidak benar, meskipun Anda harus bisa membaca dan menulis dengan baik. Orang tua homeschool tumbuh dan belajar bersama anak-anak mereka. Ada banyak pilihan yang tersedia untuk kelas intensif, seperti kimia, yang mungkin membuat Anda tidak nyaman mengajar. Community college, tutor, dan bahkan orang tua homeschooling lainnya adalah sumber daya yang sangat baik saat Anda membutuhkan bantuan. Jangan biarkan kurangnya pendidikan menghalangi Anda dari homeschooling. Jika Anda merasa sangat tidak mampu untuk tugas tersebut, pertimbangkan untuk mengambil beberapa kelas dasar, baik online atau di lembaga-lembaga homeschooling lainnya.

Apakah Anda Berani di Homeschool?

Pertimbangan lain yang sering muncul adalah apakah Anda mampu untuk homeschool. Program buku teks tradisional dan kurikulum homeschool bisa jadi mahal. Tetapi ada cara untuk meningkatkan anggaran homeschooling Anda dan membuatnya terjangkau. Anda dapat membeli buku sekolah bekas. Ada daftar email, situs web, dan toko buku yang khusus menjual materi homeschooling bekas. Anda dapat menggunakan buku dari perpustakaan lokal Anda. Di kelas paling awal, Anda dapat menggunakan worksheet dari toko ritel lokal atau barang cetakan yang ditemukan online, atau Anda dapat membuatnya sendiri. Selalu ada pilihan yang akan membuat homeschooling terjangkau.

Homeschooling Bukan untuk Semua Orang

Memilih homeschool adalah keputusan besar; Anda pasti ingin memastikan bahwa ini adalah keputusan yang tepat untuk Anda dan anak Anda. Pertimbangkan pro dan kontra dan kesediaan Anda untuk berkomitmen. Lihat berbagai kurikulum dan kemudian buat keputusan. Homeschooling adalah cara yang bermanfaat untuk mendidik anak Anda, tetapi belum tentu merupakan pilihan yang tepat untuk semua orang.

Tagged , ,