Jenis Durian Unggul Dari 3 Negara di Asia Tenggara

Durian adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buah yang memiliki banyak duri di kulitnya ini tumbuh subur saat ditanam di negara dengan iklim tropis. Tiga negara sebagai penghasil dan pengimpor durian paling banyak di dunia juga berasal dari Asia Tenggara. Ketiga negara tersebut adalah Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Selain menyandang gelar penghasil durian terbanyak di dunia. Ketiga negara tersebut juga memiliki berbagai jenis durian unggul yang mampu memanjakan lidah anda. Dari sekian banyak jenis durian unggul yang mereka miliki. Kami memilih jenis-jenis buah durian yang paling populer dari masing-masing negara ini. Lalu durian jenis apa ya yang paling unggul dan populer dari Indonesia? Mari langsung kita bahas saja.

Durian Montong dari Thailand

Anda mungkin sudah tidak asing dengan jenis durian yang satu ini. Ya begitu populernya jenis buah durian ini sehingga orang dari negara lain pun banyak yang tahu tentang namanya. Durian montong berasal dari negeri gajah putih. Di Indonesia sangat mudah untuk menemukan durian ini. Bukan hanya buahnya, bahkan bibit durian montong dapat kita temukan di toko-toko pertanian sekitar.

Durian montong terkenal karena keunggulannya, yaitu memiliki buah berukuran jumbo alis sangat besar. daging buahnya tebal, dan biji yang ada di dalamnya sangat kecil, sehingga sangat memuaskan memakan durian montong ini. Kelebihan lain adalah aroma duriannya yang tidak terlalu menyengat, sehingga orang yang tidak begitu suka durian juga dapat memakan buah durian montong ini.

Durian Duri Hitam dari Malaysia

Sulit untuk memilih mana yang lebih baik antara durian musangking atau durian duri hitam. Malaysia memang terkenal dengan kedua jenis durian tersebut. Keduanya sama-sama memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri. Tetapi akhirnya saya memilih durian duri hitam sebagai durian paling populer dari Malaysia. Alasannya sederhana, karena durian duri hitam adalah durian baru yang menggeser singgasana perdurianan di Malaysia.

Durian yang memiliki nama lain durian ochee ini memiliki daging buah yang tebal, berwarna jingga cantik, dan bertekstur sangat lembut dan creamy, ukuran bijinya juga tidak terlalu besar. sehingga sangat pas untuk disantap. Rasa buah durian duri hitam begitu manis, dengan sedikit rasa pahit karena memiliki kandungan alkohol dalam buahnya.

Harga bibit durian duri hitam tidak terlalu mahal, jadi jika anda ingin membudidayakan buah durian ini, rasanya tidak ada salahnya. Apalagi penikmat durian setiap tahun selalu meningkat. Serta permintaan durian di pasar juga tidak pernah turun dan cenderung stabil atau naik. Jadi tidak ada salahnya mencoba menguangkan buah durian ini kan?

Durian Bawor dari Indonesia

Ini dia raja durian dari Indonesia. Durian unggul yang memiliki semua keunggulan dari buah durian. mulai dari ukuran buah yang besar, rasa buah yang manis, legit, dan sedikit pahit, tekstur buah yang lembut dan creamy. Serta aroma buah yang sangat menggugah selera. Dia adalah durian Bawor.

Bukan omong kosong jika durian bawor dikatakan memiliki segala yang dibutuhkan oleh buah durian. Karena durian bawor merupakan buah yang tercipta dari gabungan 35 jeni bibit durian unggul yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Durian ini pertama kali dikembangkan oleh salah seorang petani durian Indonesia asal Banyumas. Jawa Tengah.

Durian ini dapat mencapai bobot 15 kg per buah, dengan daging buah yang tebal dan biji yang kempot. Durian ini juga memiliki rasa khas durian lokal yang sangat dicintai penggemar durian. Anda dapat mencari bibit durian ini di sekitar rumah anda jika ingin menanam sendiri. Karena sangat mudah untuk mendapatkan bibitnya. 

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/jual-bibit-durian-unggul.htm

Tagged , , , ,