Memilih Warna Cat Interior Rumah Sederhana sesuai Jenis Ruangan

Tampilan rumah yang sederhana tidak hanya didukung oleh bentuk desain tetapi juga warna dinding. Sama pentingnya dengan bagian luar, pemilihan cat interior rumah sederhana yang tepat bisa menambah nilai estetika dan meningkatkan mood Anda sekeluarga.   

Namun, jangan sampai terobsesi pada warna tertentu atau warna kesukaan saja. Sebab, ternyata tidak semua jenis ruangan dalam rumah akan cocok dengan segala warna. Sebelum semua terlambat, ketahui dulu bagaimana menyesuaikan warna dengan ruangan di rumah sederhana.

Panduan Menentukan Warna Cat Interior Rumah Sederhana

1. Kelompok Warna Hangat

Warna hangat merupakan kelompok warna yang memberikan kesan nyaman dan bersahabat dalam suatu ruangan. Jenis warna ini dapat diaplikasikan pada desain rumah apapun termasuk bentuk rumah sederhana.

Beberapa contoh warna hangat yaitu oranye, merah, kuning, magenta dan kombinasi antara warna-warna tersebut. Adapun jenis ruangan yang paling cocok untuk diaplikasikan dengan warna hangat antara lain:

  • Ruang tamu agar memunculkan suasana penyambutan yang lebih bersahabat.
  • Ruang makan sebab kelompok warna hangat dianggap dapat menstimulasi nafsu makan dan membuat ruangan memiliki suasana yang menyenangkan untuk berkumpul.
  • Dapur karena warna hangat cocok untuk menonjolkan desain yang tradisional.

Penggunaan warna hangat sebaiknya tidak terlalu berlebihan, cukup satu warna saja. Namun apabila menginginkan kombinasi, maka pilihlah warna putih atau coklat.

cat interior rumah

2. Kelompok Warna Dingin

Pengaplikasian warna-warna dingin sebagai cat interior rumah sederhana bisa memberikan efek yang menenangkan dan menyejukan. Alasannya, kelompok cool colors identik dengan alam seperti air, langit, rumput dan laut.

Jenis warna yang masuk dalam kategori ini yaitu biru, hijau, ungu, merah keunguan, biru keunguan, hijau kebiru-biruan dan ungu muda.

Warna dingin cocok diaplikasikan pada ruangan berikut ini:

  • Kamar tidur agar menciptakan suasana yang lebih rileks untuk beristirahat.
  • Ruang tamu agar suasana ngobrol lebih nyaman dan ruangan terasa sejuk.
  • Kamar mandi agar ruangan terlihat lebih bersih dan terang.

Banyak variasi warna dingin yang diproduksi oleh brand cat ternama, seperti Avian. Dalam rangkaian warna biru, Anda dapat memilih positive blue yang agak gelap, forget me not yang menyerupai biru langit atau pristine blue yang mirip biru air laut. 

3. Kelompok Warna Netral

Memilih warna netral seperti krem, putih, abu-abu dan kuning muda juga cocok untuk mempercantik tampilan rumah sederhana Anda. Warna-warna tersebut dapat dijadikan kombinasi yang fleksibel dengan kelompok warna lain.

Apabila Anda memiliki ruangan yang sempit, penggunaan putih maupun krem dapat memanipulasi ruangan agar tampak lebih luas. Warna netral bisa diaplikasikan untuk keseluruhan dinding ruangan.

Hanya saja, kalau terasa membosankan maka kombinasikan saja dengan warna lain yang lebih gelap misalnya putih – biru, kuning muda – hijau army dan krem – coklat.

Penggunaan warna krem dan abu-abu juga akan memberi sentuhan elegan pada rumah sederhana milik Anda. Adapun ruangan yang cocok dengan warna netral adalah teras, ruang tamu, dapur dan ruang keluarga.

Sudah tidak bingung memilih warna untuk tiap ruangan, kan? Hal selanjutnya yang juga wajib diketahui adalah cara menentukan cat interior rumah sederhana yang meliputi:

  • Pastikan cat tidak menggunakan campuran timbal dan merkuri demi keamanan keluarga.
  • Prioritaskan cat yang anti jamur.
  • Pastikan cat memiliki daya tutup yang sempurna.
  • Pilihlah cat yang satin-finish khusus untuk area dapur, ruang makan, ruang tamu dan bagian lorong sehingga dinding terlihat mengkilap dan gampang dibersihkan.
  • Pastikan cat bisa diaplikasikan pada berbagai macam konstruksi tembok

Dengan memilih warna yang tepat untuk tiap jenis ruangan, maka rumah Anda akan lebih elegan dan menarik tanpa mengurangi esensi dasar dari kesederhanaannya.

Tagged