Manfaat Jeruk Santang Madu untuk Kesehatan Tubuh

Jeruk santang madu juga dikenal dengan nama jeruk mandarin, karena bibit buahnya yang berasal dari cina. Jeruk yang memiliki penampakan bulat, kecil, dan gepeng ini memiliki rasa buah yang sangat manis. Itulah kenapa buah jeruk ini disebut jeruk santang madu. Jeruk ini juga merupakan kesukaan banyak orang, maka dari itu sudah tidak aneh apabila banyak orang yang menanam bibit jeruk santang madu di rumah mereka.

Bibit jeruk santang madu juga cocok untuk dijadikan penghias halaman rumah. Saat pohonnya berbuah butir-butir jeruk yang berwarna oranye akan memberi warna yang menyegarkan dan membuat halaman rumah menjadi lebih cantik. Kebanyakan dari kita hanya senang memakan buah jeruk tanpa mengetahui nutrisi dan manfaat apa saja terkandung di dalamnya. Padahal jika anda mengetahui nutrisi yang terkandung di dalamnya anda pasti akan lebih sering untuk memakan jeruk ini.

Jeruk santang madu sebenarnya kaya akan gizi , buah jeruk yang memiliki ukuran sedang atau berbobot sekitar 88 gram dapat memberikan 47 kalori, 0,3 gram lemak, 2 gram serat, dan 12 gram karbohidrat. Serta banyak lagi kandungan vitamin dan mineral yang dimilikinya. Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada jeruk santang madu ini, membuat jeruk yang satu ini memiliki berbagai manfaat saat di konsumsi nanti.

Menangkal Radikal bebas

Seperti yang kita tahu jika jeruk santang madu sebenarnya kaya akan antioksidan. Senyawa flavonoid yang terdapat dalam jeruk santang madu mampu melindungi tubuh anda dari berbagai serangan seperti serangan radikal bebas yang dapat memicu terjadinya kanker dan penuaan, serta berbagai macam jenis penyakit lainnya seperti kanker dan penyakit jantung.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Sama seperti halnya jenis jeruk yang lain. Jeruk santang madu juga mengandung banyak vitamin c. kandungan vitamin c di dalam buahnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena vitamin c merupakan salah satu antioksidan yang mampu mendorong fungsi sel imun yang terdapat di dalam tubuh.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Jeruk santang madu mengandung banyak serat, kebanyakan adalah serat yang dapat larut di dalam air. Jenis serat semacam ini akan membuat secam gel pada saluran pencernaan. Fungsi dari scalem gel adalah menarik air ke usus untuk membuat feses menjadi lunak. Cara kerja seperti ini saat terjadi di dalam usus nantinya akan membuat pencernaan menjadi lancar.

Selain itu ada juga serat yang tidak larut di dalam air, jeruk santang madu juga mengandung serat jenis ini. Kombinasi dari kedua serat tersebut dipercaya dapat mengurangi terjadinya berbagai resiko penyakit kronis. Serta dapat menurunkan berat badan.

Mengurangi Resiko Terjadi Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal biasanya terjadi akibat kadar sitrat yang rendah di dalam urine. Jeruk santang madu mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit batu ginjal karena memiliki kandungan sitrat yang tinggi.

Mengendalikan Tekanan Darah

Salah satu mineral yang terkandung di dalam jeruk santang madu adalah kalium. Mineral ini yang dipercaya mampu mengendalikan tekanan darah. Kalium pada jeruk santang madu memiliki fungsi untuk mengurangi efek garam. Ya benar terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat membuat tekanan darah tinggi kita naik. Maka dari itu jeruk santang madu memiliki efek yang penting.

Demikian ulasan kami tentang manfaat kesehatan yang terdapat dalam jeruk santang madu. Konsumsi jeruk santang madu secara rutin agar mendapatkan banyak manfaat dari buahnya. Tetapi tidak usah berlebihan, karena yang berlebihan juga bisa mendatangkan hal tidak baik.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/bibit-jeruk-santang-madu.htm

Tagged , ,