Resep Pisang Goreng Crispy yang Bisa Jadi Teman Ngopi

Resep pisang goreng crispy yang nikmat tentu sangat pas apabila dibuat pada waktu senggang, Anda dapat membuatnya untuk Anda jadikan cemilan.

Pisang Goreng Crispy

Pisang goreng yaitu merupakan jajan cemilan yang ada di Indonesia. Cemilan ini pun lumayan terkenal di Malaysia dan Singapura. Jika Anda ingin beli pisang goreng, Anda bisa beli di tempat jual gorengan, ataupun bisa Anda beli pada Warung kopi maupun Warung tegal yang biasanya dijadikan makanan cemilan.

Bahan bakunya pastinya buah pisang. Kulit buahnya kita lepas kemudian kita campur dengan adonan yang telah dibuat. Adonan ini berasal dari telur, tepung, gula, serta garam.

Kemudian pisang yang sudah dicampur dengan adonan, digoreng. Ada berbagai jenis pisang goreng yaitu pisang pasir, pisang molen, pisang goreng kipas, pisang kremes, dan sale pisang.

Asal usul pisang goreng mitosnya bermula saat tahun 1511. Pada saat bangsa Portugis mulai datang ke wilayah Melayu. Kebanyakan Bangsa Portugis terlihat makan dengan menggunakan pisang yang sudah dikupas kulitnya, kemudian pisang tersebut dicampuri dengan tepung, lalu digoreng. Setelah itu cemilan ini diadaptasi melalui rakyat melayu, salah satunya adalah Indonesia.

Kandungan Gizi Pisang

Nilai kandungan pisang yaitu berkisar 136 kalori pada setiap 100 gram yang pada dasarnya itu berasal dari karbohidrat. Nilai yang terkandung dalam pisang memiliki dua kali lipat lebih unggul jika dibandingkan dengan buah apel. 

Apel yang berbobot 100 gram cuma memiliki kandungan 54 kalori, hal ini berbanding terbalik jika dibandingkan dengan nilai yang terkandung dalam pisang.

Karbohidrat pisang menghasilkan tenaga yang lebih sedikit jika kita bandingkan bersama gula pasir dan sirup. Namun lebih banyak dari biskuit, nasi, serta berbagai jenis roti. Maka dari itu, tidak sedikit atlet pada ketika rehat memakan buah pisang untuk dijadikan cadangan energi.

Kandungan gizi pisang menghasilkan energi instan bagi tubuh pada waktu hanya sesaat, hal ini menjadikan keuntungan jika kita membutuhkan energi sesaat. 

Karbohidrat pisang adalah kandungan kompleks bertingkat menengah, hal ini bisa menghasilkan energi dalam waktu yang cukup cepat.

Karbohidrat pisang adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menyimpan energi yang sangat bermanfaat.

Gula pisang adalah gula buah, yang terdiri atas fruktosa yang memiliki indek glikemik lebih kecil jika kita bandingkan dengan glukosa, maka dari itu hal ini cukup baik untuk suplai energi bagi tubuh kita.

Setelah kita beraktivitas atau berpikir, pasti akan muncul rasa mengantuk. Hal ini adalah tanda tanda otak sudah lelah dan membutuhkan energi lebih, hal inilah menyebabkan kita merasakan rasa kantuk. Supaya dapat melaksanakan aktivitas, otak manusia membutuhkan energi yaitu glukosa. Hal ini dapat kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah pisang.

Glukosa darah tentu penting untuk otak, supaya otak bisa berjalan secara baik. Glukosa darah merupakan salah satu kandungan yang mempengaruhi daya ingat manusia. Glukosa darah biasanya kita dapatkan melalui sirkulasi darah otak dikarenakan kandungan glikogen yang berfungsi untuk cadangan glukosa memiliki kadar zat yang sangat terbatas.

Glukosa darah biasanya berasal dari makanan yang merupakan sumber karbohidrat. Pisang adalah buah yang sangat baik sebagai penyedia energi pada saat kita beristirahat, ataupun pada saat otak kita memerlukan energi lebih untuk kita beraktivitas.

Tetapi, kandungan lemak serta protein pada pisang kurang baik, bahkan termasuk sangat rendah, yakni hanya 2,3 % dan 0,13 %. Walaupun kandungannya rendah, tetapi kandungan protein dan lemak pisang tetap lebih unggul dari buah apel yang cuma 0,3 %. Oleh sebab itu, Anda tak perlu takut menjadi gemuk walaupun Anda memakan pisang dalam jumlah yang tidak sedikit.

Kegunaan Pisang Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Hipertensi

Buah pisang mengandung kalium yang bisa mengontrol kesetimbangan elektrolit serta cairan yang menjadikan tekanan darah tetap seimbang. Serat yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengurangi lemak, yang menjadikan pembentukan plak dapat kita cegah. Plak dapat mempersempit, serta menyebabkan pembuluh darah tersumbat yang menjadikan tekanan darah tidak teratur.

2. Sumber Karbohidrat dan Vitamin A

Buah pisang merupakan buah yang mengandung banyak serat dan vitamin. Bila kita bandingkan dengan apel, pisang mempunyai kandungan karbohidrat yang melebihi apel, serta vitamin A 5 kali lipat lebih banyak dari apel. Selain itu kalium dan magnesium yang terkandung dalam pisang merupakan kandungan yang sangat penting terhadap tubuh agar tetap bugar.

3. Pisang Memperlancar Metabolisme

Dengan makan pisang, Anda dapat melancarkan sistem metabolisme Anda. Jika Anda susah BAB, dapat hanya dengan memakan buah pisang. dikarenakan buah pisang bisa menyokong dan memperlancar sistem pencernaan tubuh pada saat proses metabolisme.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah pisang sendiri memiliki kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang berguna supaya meningkatkan imunitas tubuh dalam mengatasi infeksi. Maka dari itu, makanlah pisang supaya tubuh terasa bugar dan memiliki banyak stamina.

5. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Potasium yang terkandung dalam buah pisang merupakan kandungan yang sangat penting untuk menjaga sirkulasi darah dan jantung. Maka dari itu sirkulasi oksigen ke otak dapat terjamin dan kita dapat mencegah stroke yang terjadi karena tekanan darah tinggi.

6. Mengatasi Anemia

Zat besi yang terkandung dalam pisang merupakan salah satu komponen penting bagi tubuh kita. Sehingga pisang ini disarankan untuk orang yang memerlukan tambahan sel darah merah. Lebih tepatnya yakni supaya menyokong pembentukan protein yang mengandung zat besi serta hemoglobin.

7. Menurunkan Berat Badan

Khusus masyarakat yang sedang diet, pisang mengandung karbohidrat kompleks yang tak akan meningkatkan kandungan glukosa dengan signifikan. Selain itu buah ini pun memeliki lemak yang rendah sehingga pisang dibolehkan untuk masyarakat yang sedang menurunkan berat badannya. Pisang juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

8. Menyehatkan Tulang

Memakan pisang setiap hari juga dapat memiliki manfaat menguatkan tulang. Hal ini disebabkan oleh mangan yang terkandung dalam buah pisang.

9. Pisang sebagai "Mood Food"

Pisang dapat mendukung peningkatan hormon serotonin yang ada pada otak. Hormon ini merupakan hormone yang menimbulkan perasaan bahagia.

10. Untuk Merawat Kulit

Buah ini juga berfungsi untuk merawat kulit jika dicampur madu dan bisa berfungsi untuk mengatasi kulit yang terlalu kering. Selain itu, buah ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat.

Caranya yaitu dengan menghancurkan daging buah yang telah matang, lalu mengoleskannya terhadap wajah yang memiliki jerawat. Kemudian diamkan sekitar 15-30 menit, setelah itu bersihkan. Laksanakan hal ini secara rutin sampai jerawat hilang.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggoreng Pisang

1. Memerhatikan Suhu Minyak

Bila memiliki keinginan untuk membuat pisang goreng crispy, disarankan untuk menggoreng pisang tersebut memakai minyak yang sudah panas. Jika pisang goreng tersebut berminyak, bisa jadi minyak yang dipakai masih memiliki suhu yang kurang panas.

2. Memerhatikan Api Kompor

Besar api kompor saat kita menggorengnya pun hendaklah kita perhatikan serta kita atur pada saat menggorengnya. Pisang goreng yang digoreng dengan api kecil dapat menyebabkan hasil pisang goreng tersebut berminyak.

Api yang kecil ini menjadikan pisang tersebut menyerap terlalu banyak minyak, sebab memerlukan waktu lama jika menunggunya agar matang. Seharusnya, api yang digunakan untuk membikin pisang goreng, yaitu menggunakan api yang sedang.

Kita harus tetap berhati hati pada saat menggoreng pisang. Jika api kompor terlalu besar, bisa jadi menyebabkan hanya bagian luarnya saja yang matang.

3. Memerhatikan Pisang Setelah Digoreng

Pisang goreng yang telah masak, seharusnya tidak boleh ditumpuk saat minyaknya kita tiriskan. Pisang goreng yang telah masak jika ditumpuk dapat menyebabkan pisang yang berada di bagian bawah menyerap terlalu banyak minyak melalui pisang goreng yang berada di atasnya.

Setelah kita tiriskan dengan menggunakan saringan, seharusnya pisang goreng kita letakkan pada wadah yang beralaskan tisu.

Kita harus sering mengganti tisu tersebut dengan tisu kering yang baru jika sudah menyerap banyak minyak.

Tips Menggoreng Pisang

  1. Memilih jenis pisang yang pas supaya dijadikan pisang goreng. Setelah itu kita harus memastikan pisang tersebut sudah matang sempurna atau belum.
  2. Membelah pisang menjadi dua, agar tidak terlalu tebal untuk digoreng. Ketika kita goreng, kematangan pisang menjadi lebih cepat serta tingkat kematangan yang merata
  3. Agar pisang goreng lebih renyah serta semakin gurih, kita perlu mencampurkan adonan dengan air kapur sirih atau baking powder
  4. Menggunakan tepung terigu yang kita beri sedikit tepung beras. Jika terlalu banyak nanti akan membuat pisang goreng terlalu keras
  5. Menambahkan tepung maizena ke adonan tepung terigu serta tepung beras agar pisang goreng jauh lebih renyah
  6. Jangan menggunakan santan maupun susu terhadap adonan, dikarenakan dapat membuat kulit pisang goreng tidak renyah
  7. Menggunakan adonan tepung yang tidak terlalu encer maupun kental dikarenakan itu dapat mempengaruhi tingkat kerenyahan pada bagian luar pisang goreng yang akan kita makan
  8. Mengecek tingkat kekentalan adonan dengan cara mengambil 1 sdm adonan, kemudian menjatuhkannya dari atas. Jika adonan tersebut tidak pekat, maka tingkat kekentalannya dapat dibilang cukup.
  9. Menggunakan minyak goreng yang sudah panas saat menggoreng pisang goreng. Hal ini bertujuan agar pisang tersebut tidak menyerap terlalu banyak minyak goreng.
  10. Menuangkan sejumlah adonan pada bagian atas pisang ketika lagi proses penggorengan agar dapat menempel. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan tekstur pisang goreng yang lebih kriuk

Resep Pisang Goreng Crispy

Pada kala musim hujan, berbagai jenis gorengan yang kriuk serta hangat pasti menjadi cemilan yang sangat mengundang selera. Pisang goreng merupakan cemilan yang sangat cocok ketika musim hujan. Apalagi jika pisang goreng tersebut merupakan pisang goreng crispy yang renyah di luar, lembut di dalam. Berikut merupakan resep pisang goreng crispy

Bahan bahan:

  • Buah pisang kepok yang sudah matang
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 4 sdm tepung terigu
  • Garam (secukupnya)
  • 1 sdm tepung beras
  • Gula (secukupnya)
  • Bubuk vanili (secukupnya)
  • Air (secukupnya)

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy :

  1. Pertama tama, kita lepas kulit pisang lalu belah pisang tersebut menjadi dua.
  2. Mencampur tepung tapioka, tepung beras, tepung terigu serta bubuk vanili secukupnya.
  3. Menambahkan air sehingga menghasilkan adonan yang tidak terlalu encer. 
  4. Menambahkan gula dan garam seperlunya. Untuk rasa jangan hingga terlalu asin atau manis. 
  5. Menyelupkan pisang yang sudah terkupas ke dalam adonan yang telah dibuat, lalu menggorengnya menggunakan api yang sedang (tidak boleh terlalu panas). 
  6. Menggoreng pisang sampai warnanya kuning kecoklatan, pastikan pada bagian luarnya kriuk serta bagian dalamnya matang dan lembut.
  7. Mengangkat pisang yang sudah masak, kemudian meniriskan menggunakan mesin peniris minyak 
  8. Menyajikan ketika hangat lebih nikmat.

Demikian mengenai resep pisang goreng crispy. Selamat mencoba dan semoga Anda menyukai resep dari saya. Terimakasih.

Tagged ,