Fungsi Software Akuntansi untuk UKM dan Perusahaan

Software akuntansi saat ini sudah banyak digunakan untuk memudahkan pencatatan akuntansi pada perusahaan. Berikut fungsi software akuntansi yang utama;

Fungsi Software Akuntansi

fungsi software akuntansi

Pengawasan keuangan yang baik

Fungsi software akuntansi yang pertama adalah sebagai pengawas keuangan perusahaan. Dengan kata lain semua aliran dana keluar masuk perusahaan bisa dilihat secara realtime dan diawasi dengan mudah, untuk mencegah kecurangan.

Membuat faktur secara otomatis

Fitur dari software akuntansi salah satunya adalah mencetak faktur otomatis. Hal ini dapat menghemat waktu dibandingkan harus menulisnya secara manual. Selain cetak formulir faktur otomatis, fungsi software akuntansi lainnya adalah:

  • Manajemen proyek
  • Sistem penggajian
  • Inventaris pengiriman

Menghemat waktu

Proses akuntansi dan mencatat laporan keuangan pada perusahaan sangatlah memakan waktu. Saat Anda menggunakan software akuntansi, semua data transaksi yang sudah diinput akan secara langsung membuat laporan keuangan secara otomatis, dan Anda bisa langsung melihat hasilnya.

Jadi tugas-tugas seperti menagih utang pelanggan, mencatat pendapatan diterima dan mengetahui pinjaman atau piutang yang sudah jatuh tempo bisa dilakukan oleh software akuntansi.

Terintegrasi dengan multiplatform lain

Fungsi software akuntansi selanjutnya adalah, software akuntansi bisa dikoneksikan dengan alat-alat lainnya. Contohnya penjadwalan pembayaran tagihan dengan metode pembayaran cek dan kartu kredit, terkoneksi dengan mesin printer untuk cetak faktur dan bukti penjualan, bahkan saat ini, software akuntansi bisa diakses menggunakan smartphone secara online.

Fitur Software Akuntansi

software akuntansi gratis

Secara lengkap, fitur-fitur dalam software akuntansi diantaranya:

Fitur Piutang Usaha

Software akuntansi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya memiliki fitur yang mempermudah proses akuntansi perusahaan seperti untuk memproses piutang pelanggan. Anda bisa mengecek hutang dan status pembayaran pelanggan.

  1. Pemrosesan faktur. Merekap semua data pelanggan (nama, no rekening dan alamat) beserta riwayat piutangnya.    
  2. Faktur otomatis. Mencetak, mengingatkan dan mengirim faktur invoice ke pelanggan secara otomatis.
  3. Proses pembayaran. Melakukan pembayaran tagihan secara online.

Fitur Hutang Usaha

Fitur perangkat lunak akuntansi lainnya adalah untuk memudahkan transaksi hutang usaha diantaranya:

  1. Order pembelian. Software akuntansi bisa digunakan untuk menangani order pembelian secara kredit.
  2. Menyimpan memo pembelian. Nota kredit, kwitansi atau bukti pembelian kredit bentuk kertas seringkali hilang. Dengan software akuntansi semua memo tersimpan dengan aman.
  3. Penanganan pajak. Laporan pajak adalah laporan rutin yang harus diajukan setiap pemilik bisnis. Keterlambatan pelaporan bisa menyebabkan denda. Anda bisa memanfaatkan fitur software akuntansi sebagai pelaporan otomatis.

Fitur Penggajian

Punya karyawan puluhan hingga ratusan? Optimalkan sistem penggajian Anda dengan software akuntansi.

  1. Penggajian pekerja paruh waktu. Fitur ini dimanfaatkan untuk mengalokasikan penggajian kepada karyawan tetap atau karyawan paruh waktu.
  2. Transfer rekening secara langsung. Saat ini untuk pengambilan gaji secara langsung dapat meningkatkan resiko yang besar. Lebih baik langsung di transfer ke rekening masing-masing karyawan.
  3. Pemotongan biaya dan pajak. Setiap gaji karyawan bisa langsung dikenakan potongan pajak atau penggantian biaya lembur dan sebagainya.
Tagged , ,