3 Marketplace Paling Efektif untuk Jualan Online

Jualan jasa seperti jasa social media dan jualan produk online sedang santer dibicarakan sebagai bisnis yang memiliki profit besar dengan market yang luas. Apapun jenis usaha yang dimiliki seseorang semuanya bisa dipasarkan secara online.

Jika kamu sedang atau telah memiliki sebuah bisnis, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan Marketplace paling efektif di bawah ini sebagai media promosi dan transaksi.

Instagram

Marketplace untuk bisnis online yang pertama adalah Instagram. Sejak tahun 2018 pengguna Instagram mengalami peningkatan yang begitu pesat. Dilansir dari napoleoncat di tahun 2020 pengguna Instagram mencapai 69,2 juta user.

Banyaknya pengguna Instagram tersebut dapat kamu manfaatkan sebagai alat pemasaran produk yang kamu miliki. Bayangkan  jika produk yang kamu punya dilihat hampir oleh 70 juta pengguna Instagram, pasti profit yang akan kamu dapatkan juga akan meningkat tajam.

Instagram memiliki beberapa fitur seperti story Instagram, feed Instagram hingga eksplorasi Instagram. Ketiga  fitur tersebut dapat membantu produk kamu dikenal dan dilihat oleh jutaan orang di Instagram.

Untuk mencapai market pasar yang luas, yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu adalah memahami algoritma Instagram. Algoritma Instagram agar postingan kamu sering muncul di beranda ataupun eksplorasi user lain yaitu dengan cara sering membuat story Instagram, mempunyai followers yang banyak, sering like dan komen foto hingga menggunakan beberapa hastag (#) khusus.

Facebook

Marketplace paling efektif untuk jualan online yang selanjutnya adalah Facebook. Selain Instagram Facebook juga memiliki target pasar yang luas. Meskipun telah banyak pengguna Facebook yang beralih ke Instagram, Facebook tetap mempunyai keunggulan tersendiri untuk kepentingan bisnis.

Pada Facebook kamu bisa menemukan berbagai macam group jualan online yang memiliki pengikut ribuan hingga jutaan. Grup atau forum di Facebook tentunya akan sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin memasarkan produk agar tepat sasaran.

Misalnya, jika kamu memiliki bisnis pakaian kamu bisa memasarkan produk kamu di grup atau forum ”jual baju” yang terdapat di Facebook. Sebaliknya jika kamu punya bisnis makanan kamu tinggal memposting produk makanan kamu di forum atau grup “jual makanan”

E-commerce

Marketplace yang bisa kamu gunakan untuk jualan online yang lainnya adalah ecommerce. Kamu bisa menggunakan beberapa lapak yang telah populer di Indonesia seperti Shopee, Lazada, Tokopedia untuk memasarkan produk. Selain itu E-commerce ini juga menyediakan fitur gratis ongkir yang bisa mendatangkan banyak pembeli. 

 

Semoga 3 rekomendasi tadi bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu.