Berikut 5 Pilihan Beasiswa Luar Negeri Terpopuler yang Bisa Jadi Referensi Anda

Kuliah di luar negeri merupakan impian banyak orang apabila ingin mendapatkan pendidikan yang terbaik. Selain itu, dengan kuliah di luar negeri juga mempunyai keuntungan dengan merasakan hidup di kultur yang berbeda dan tentu bisa jalan-jalan sembari kuliah. Oleh karena itulah banyak orang yang mengincar untuk kuliah di luar negeri.

Sumber : unsplash.com/photos/U28iCOx-rUc

Sumber : unsplash.com/photos/U28iCOx-rUc

 

Selain mempunyai uang untuk dapat kuliah di luar negeri, Anda juga dapat untuk mengambil beasiswa luar negeri yang ditawarkan oleh lembaga baik pemerintah dan swasta. Beasiswa akan sangat menguntungkan karena dapat untuk mempunyai kesempatan kuliah di luar negeri dengan bantuan biaya bahkan juga tanpa mengeluarkan biaya karena memberikan beasiswa penuh. Sehingga beasiswa di luar negeri bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin kuliah di luar negeri tetapi terganjal dengan masalah biaya.

Adapun beberapa pilihan beasiswa di luar negeri yang paling populer dan bisa menjadi pilihan adalah :

 

  • Beasiswa The University of Adelaide

Sumber gambar : aseanop.com

Sumber gambar : aseanop.com

 

Pilihan beasiswa yang pertama adalah yang ditawarkan oleh universitas Adelaide yang ada di Australia. Negeri ini merupakan salah satu destinasi kuliah yang paling populer oleh warga Indonesia. Dimana kampus yang paling populer adalah The University of Adelaide. Kampus ini merupakan salah satu kampus terbaik yang ada di Australia dan menawarkan beasiswa S2 dan S3 untuk pelajar internasional. Sehingga bagi Anda yang tertarik untuk melanjutkan kuliah S2 dan S3 ke luar negeri bisa untuk memilih kampus yang satu ini.

 

  • Orange Tulip Scholarship

Sumber gambar : nesoindonesia.or.id

Sumber gambar : nesoindonesia.or.id

 

Beasiswa luar negeri selanjutnya yang bisa diambil adalah Orange Tulip Scholarship yang bisa digunakan untuk berkuliah di Belanda. Beasiswa ini merupakan kerjasama dari universitas di Belanda dan juga pemerintah Indonesia. Dimana bagi yang menginginkan mendapatkan beasiswa ini adalah untuk mendaftarkan terlebih dahulu di universitas Belanda yang telah bekerjasama dengan program beasiswa ini. Sehingga bagi Anda yang tertarik untuk kuliah di Belanda bisa untuk memilih beasiswa yang satu ini.

 

  • Heinrich Boll Scholarship

Sumber : scholarshiproar.com

Sumber : scholarshiproar.com

 

Beasiswa selanjutnya yang dapat dipilih bagi yang ingin kuliah di luar negeri adalah di negeri Jerman. Beasiswa Heinrich Boll ini bisa memberikan kesempatan untuk kuliah gratis di Jerman untuk program S1, S2, dan juga S3. Tetapi untuk warna non Eropa hanya bisa mengambil jenjang pendidikan S2 dan S3 saja. Untuk mendapatkan beasiswa ini membutuhkan untuk menyiapkan berbagai persyaratan yang harus diajukan. Seperti dari transkrip nilai dan juga rekomendasi dari dosen atau universitas.

 

  • Pershing Square Foundation

Sumber : cshl.edu

Sumber : cshl.edu

 

Beasiswa selanjutnya yang bisa diambil adalah bagi yang menginginkan kuliah di Inggris. Biasanya ini bisa untuk mengikuti program 1+1 MBA di salah satu kampus terbaik di dunia yaitu Oxford University. Sehingga nantinya setelah lulus Anda bisa mendapatkan dua ijazah untuk jurusan yang berbeda. Beasiswa yang satu ini akan memberikan banyak kelebihan seperti mulai dari biaya kuliah yang gratis dan juga biaya hidup. Syarat untuk beasiswa ini adalah dengan nilai IELTS minimal 7,5 dan juga berkas yang dibutuhkan lainnya.

 

  • Beasiswa Swedish Institute Scholarships for Global Professionals

Sumber : aseanop.com

Sumber : aseanop.com

 

Dan beasiswa luar negeri yang terakhir adalah Swedish Institute Scholarships for Global Professionals atau SISGP. Program beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Swedia dan ditujukan untuk mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi di Swedia. Beasiswa ini mempunyai penawaran untuk jenjang pendidikan S2 saja yang memberikan fasilitas beasiswa kuliah yang gratis.

 

Artikel ini merupakan artikel kerjasama antara kabntr.org dan IDP regional Indonesia