Macam Macam Kayu Untuk Furniture

Kayu merupakan bagian pada tumbuhan yang lebih tenarnya disebut batang dari tumbuhan yang mengeras akibat proses lignifikasi.

Nah untuk mendapatkan kayu berkualitas pastinya kita harus menunggu bertahun tahun agar tumbuhan itu tumbuh besar dan batangnya bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan.

Salah satu contoh jenis kayu yang berkualitas adalah kayu jati, kayu jati sendiri kayu yang paling populer digunakan untuk membuat kerajinan furniture ataupun yang lainnya.

Namun kayu jati sendiri memiliki kelemahan yaitu proses pertumbuhan kayu jati terbilang sangat lambat. Kayu jati sendiri sangat berbeda lagi jenis kayu balsa yang biasanya kita temui di pabrik ataupun gudang furniture,

Nah furniture itu apa sih? Jenis barang untuk memperlengkap perabotan rumah kita misalnya seperti meja, kursi, lemari, nakas, dan lainnya. untuk membuat furniture berkualitas kamu harus mempunyai keahlian dan keterampilan tangan dan juga bahan baku kayu yang dipakai.

Selain itu jika kamu membuat barang furniture pastikan kamu harus memperhatikan detail setiap sudut dari furniture tersebut agar tetap bagus dan sesuai dengan keinginan customer tersebut.

Maka dari itu di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa macam kayu yang bisa kamu pakai untuk jenis furniture.

Apa saja sih macam macam kayu untuk furniture ini? Yuk langsung saja simak penjelasan singkat saya di bawah ini tentang berbagai jenis macam kayu untuk furniture.

Macam Macam Kayu Untuk Furniture

  1. Kayu Sungkai

kayu sungkai

Mungkin bagi kalian yang memiliki bisnis penjualan barang furniture atau membuat barang furniture pasti tidak asing dengan kayu sungkai ini, ya kayu sungkai merupakan jenis kayu yang memiliki tekstur sangat kuat dan mudah didapatkan.

Sehingga kayu jenis ini banyak didapatkan di sulawesi ataupun sumatera. Kelebihan jenis kayu ini adalah mudah dibentuk dan juga memiliki ketahanan terhadap hama rayap yang bagus, selain itu tekstur nya kuat dan memiliki harga yang relatif murah di pasaran.

      2. Kayu jati

kayu jati

Kayu jati sendiri merupakan jenis kayu yang berkualitas baik untuk membuat kerajinan barang furniture, tetapi kayu ini sendiri memiliki kelemahan yaitu harga yang mahal dan juga pertumbuhan kayu jenis ini sangat lambat.

Namun di balik kelemahannya, kayu jati memiliki ketahanan yang luar biasa sehingga sangat awet digunakan, namun untuk mendapatkan kayu jati berkualitas harus merawat tanaman kayu jati dari kecil hingga besar dengan memotong batang batang kecil agar tidak menimbulkan mata batang yang dapat menurunkan kualitas kayu tersebut.

      3. Kayu mahoni

kayu mahoni

Nah yang terakhir adalah kayu mahoni, kayu mahoni sendiri biasanya digunakan untuk membuat furniture seperti lemari ataupun kursi, kelebihan dari kayu mahoni sendiri adalah harga yang murah dan sangat mudah didapatkan.

Kayu mahoni juga memiliki warna kuning kemerahan sehingga sangat cocok untuk dipakai furniture jenis meja dan lemari yang kemudian akan lanjut ke tahap finishing pewarnaan agar lebih bagus dan memiliki warna yang diinginkan customer.

Tagged ,