Jenis dan Contoh Surat Kuasa

Saat kamu mempunyai kepentingan mendesak sedangkan ada dokumen atau barang tetentu yang perlu kamu urus atau ambil, tentu saja ini bisa menjadi kebimbangan tersendiri. Namun, sebenarnya kamu tidak perlu khawatir karena kamu dapat menyiapkan surat kuasa sebagai gantinya. Nah, pertanyaannya, apakah kamu sudah mengetahui bagaimanakah cara membuat surat kuasa dengan benar? Jika belum, mari simak uraian berikut yang akan membahas apa saja kegunaan surat kuasa hingga contoh surat kuasa.

Kegunaan Surat Kuasa

Sesuai dengan pengertian surat kuasa, surat ini digunakan sebagai surat pernyataan oleh pihak pemberi kuasa untuk pihak penerima kuasa dalam melakukan kewajiban yang dijelaskan dalam isi surat kuasa. Melihat dari kegunaannya ini, surat kuasa ditulis ketika pemberi wewenang berhalangan untuk menghadiri suatu urusan penting yang sebenarnya tidak dapat diwakilkan. Contohnya, di saat kamu memiliki kewajiban untuk mengambil BPKB dan ternyata ada urusan mendadak yang tak kalah penting, di sini kamu dapat menuliskan surat kuasa pengambilan BPKB.

Jenis-Jenis Surat Kuasa

Berdasarkan dengan pembagian jenisnya, surat kuasa dapat dibedakan menjadi surat kuasa formal dan non-formal. Surat kuasa formal biasanya digunakan untuk keperluan resmi, sedangkan surat kuasa non-formal digunakan untuk kepentingan yang sifatnya tidak resmi.

Kemudian, jika dibedakan berdasarkan tujuannya, surat kuasa dibagi menjadi surat kuasa perseorangan, surat kuasa kedinasan, serta surat kuasa khusus. Surat kuasa perseorangan contohnya berupa surat kuasa pengambilan BPKB dan pengambilan uang. Lalu, untuk surat kuasa kedinasan, contohnya berupa surat yang dikeluarkan oleh lembaga atau instansi kepada pegawainya untuk melakukan tugas khusus.

Untuk surat kuasa khusus, biasanya surat ini dijuluki juga dengan surat kuasa istimewa yang khusus untuk masalah hukum. Dalam kata lain, surat kuasa khusus biasanya diterima oleh pengacara atau intansi hukum tertentu.

Contoh Surat Kuasa

Untuk bisa menulis surat kuasa, tentunya kamu harus mengetahui seperti apa format yang benar dari surat kuasa itu sendiri. Oleh karenanya, di bawah ini akan ada contoh surat kuasa yang bisa kamu jadikan referensi.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                           : Ana Nana

Tempat, Tanggal Lahir           : Malang, 22 Desember 1990

Jenis Kelamin                            : Perempuan

NIK                                               : 3111222244446666

Pekerjaan                                  : Karyawan

Alamat                                        : Jl. Pattimura 001, RT. 01 RW. 02, Surabaya

Dengan ini, memberikan kuasa secara penuh kepada:

Nama                                           : Maulana

Tempat, Tanggal Lahir           : Surabaya, 11 Februari 1985

Jenis Kelamin                            : Laki-laki

NIK                                               : 3100555577779999

Pekerjaan                                  : Karyawan

Alamat                                        : Jl. Pattimura 001, RT. 01 RW. 02, Surabaya

 

Untuk mengurus pengembalian BPKB dengan nomor polisi (L 0001 OP) dan ditukar dengan BPKB dengan nomor polisi (L 9999 KL), serta menandatangani dokumen-dokumen yang berkenaan dengan pengurusan BPKB tersebut.

Demikian surat kuasa ini dibuat dan ditulis dengan sebenar-benarnya untuk penukaran jaminan BPKB. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                                                                Surabaya, 1 Januari 2021

Yang diberi Kuasa                                                                                                             Yang Memberi Kuasa

                                                                                                                                                        (Materai 6000)

(Ana Nana)                                                                                                                                         Maulana

Dalam pembuatan surat kuasa pengambilan BPKB, kamu tak perlu mencantumkan kop surat mengingat surat ini adalah jenis surat kuasa perseorangan.

Nah, itu dia keseluruhan penjelasan mengenai surat kuasa dari mulai kegunaannya, jenis-jenis, dan contoh surat kuasa. Sekarang kamu tak perlu pusing khawatir lagi jika memang ada urusan yang mendesak sedangkan kamu harus menghadiri urusan lain yang sama mendesaknya, karena kamu sudah bisa menyiapkan surat kuasa sebagai gantinya.

Tagged