Pengertian CRM dan Cara Implementasi pada Perusahaan

Customer Relationship Management memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis suatu perusahaan. Hal tersebut dimulai dengan pengelolaan data pelanggan serta pemberian layanan yang terbaik. Namun, perusahaan perlu memperhatikan cara pengimplementasian CRM agar berhasil efektif dan efisien.

Menggunakan CRM adalah sebuah solusi untuk bisnis agar semakin efektif. Dengan begitu, Perusahaan akan mencapai satu titik kesuksesan. Namun, agar implementasi CRM bisa dirasakan manfaatnya secara utuh. Ada baiknya Anda mengikuti langkah-langkah dibawah ini agar manfaat yang didapat oleh Anda akan dirasakan langsung oleh perkembangan Perusahaan yang sesuai dengan harapan.

Bagaimana Cara Implementasi CRM ?

Menurut Majapahit Teknologi ada beberapa langkah untuk implementasi CRM yang sangat penting untuk dilaksanakan, simak ulasannya sebagai berikut:

Memilih sistem CRM yang tepat

Pengimplementasian CRM pada perusahaan perlu dilakukan secara matang. Salah satu caranya yaitu dengan memilih sistem CRM yang tepat. Alangkah lebih baiknya jika suatu perusahaan lebih memilih sistem CRM yang ringan, mudah diakses, memiliki UI menarik, mobile friendly dan fiturnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu, dalam memilih sistem CRM ada baiknya jika perusahaan bisa melihat review keberhasilan perusahaan lain dalam menerapkan sistem yang sama dengan yang akan dipilih.

Menyesuaikan konsep penjualan dan marketing perusahaan

Dalam memilih software CRM yang tepat untuk diimplementasikan, perusahaan perlu memperhatikan setiap detail proses penjualan hingga marketing yang dinaunginya. Hal tersebut sangat penting karena dari konsep penjualan dan marketing yang ada bisa menjadi acuan dalam menemukan sistem CRM mana yang sesuai dengan bidangnya.

Pentingya Implementasi CRM

Menemukan mitra yang tepat

Menemukan mitra perusahaan sebagai layanan solusi CRM yang tepat menjadi salah satu cara pengimplementasian CRM agar berhasil. Banyak perusahaan serupa yang menawarkan jasanya tetapi dalam portofolionya tidak sesuai apa yang kita harapkan. Sehingga perlu analisis mendalam oleh perusahaan untuk menemukan mitra pembuatan sistem CRM yang terbaik.

Mengembangkan planning yang terorganisir

Kunci sebuah keberhasilan dapat diraih apabila pada awalnya dilakukan planning yang matang dan terorganisir dengan baik. Hal itu sama dengan suatu perusahaan dalam mengimplementasikan CRM pada bisnisnya. Bagaimana bisnis tersebut dapat meningkat penjualannya, bagaimana agar perusahaan mendapatkan pelanggan baru serta feedback yang positif dan lain sebagainya. Selain itu, perusahaan juga perlu bekerjasama dalam membagikan informasi data pelanggan di tiap unit bisnisnya menggunakan software CRM tersebut.

Keuntungan Implementasi CRM Pada Perusahaan

Dengan menerapkan sistem CRM, akan membantu bisnis Anda semakin berkembang lebih jauh serta mampu mendongkrak keuntungan yang sangat tinggi. Lalu, apa saja keuntungan tersebut? Simak sebagai berikut:

  • Memperbaiki sistem & prosedur administrasi penjualan.
  • Membantu tim penjualan dan dapat memahami keinginan para pelanggan.
  • Memperkuat hubungan dengan pelanggan maupun calon pelanggan.
  • Mendapatkan informasi secara cepat dan tepat hanya dengan melalui smartphone.
  • Menyediakan laporan penjualan secara real time.
  • Menyimpan data penjualan Perusahaan secara aman.
  • Dapat menelusuri berbagai aktivitas penjualan dari setiap anggota/tim.
  • Mengurangi informasi yang sama dari pelanggan.

 

Kesimpulan

Perlu dicatat bahwa pengaplikasian CRM Software bukanlah sekedar konsep namun sebuah perubahan untuk berbagai perusahaan yang memiliki tujuan untuk mengajak customer atau pelanggan menjadi partner dalam Perusahaan tersebut. Demikian pembahasan mengenai cara pengimplementasian CRM agar berhasil.

Jika suatu perusahaan ingin berhasil dalam mengimplementasikan CRM, maka tiap prosesnya harus dilakukan secara tepat. Selain itu, rancangan yang telah direncanakan dengan matang dan tentunya diimbangi dengan kinerja yang produktif. Maka, bukan hal yang tidak mungkin jika implementasi CRM tersebut benar-benar berhasil. Semoga bermanfaat.

Tagged