Kreasi dari Tempurung Kelapa yang Unik dan Mudah untuk Dibuat

Pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa kreasi dari tempurung kelapa yang mudah dibuat dan dapat dijual. Namun, tahukah kamu apa itu tempurung kelapa?

Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa merupakan bagian dari buah kelapa yang berwujud endokrap, bersifat keras, dan diselimuti dengan sabut kelapa, biasanya tempurung kelapa dipakai sebagai bahan kerajinan seperti hiasan lampu, celengan, gelas, tempat pensil dan briket

Macam-Macam Kerajinan Tempurung Kelapa

1. Celengan Dari Batok Kelapa

Celengan batok kelapa adalah satu dari beberapa  kerajinan batok kelapa yang berwujud celengan sederhana yang memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan sedikit uang dari dalam saku kita. Celengan ini mempunyai banyak jenis dan karakter serta bahan pembuatnya pula berbeda, ada yang dibuat dari plastik, tanah liat, wadah bekas, batok kelapa dan yang lain-lain.

Kerajinan batok kelapa yang satu ini sangat digemari oleh anak-anak kecil Khususnya anak kecil yang sedang duduk di bangku Sekolah Dasar. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kalangan orang dewasa pun juga banyak yang suka untuk dijadikan barang koleksi. 

2. Cangkir Dari Batok Kelapa

Limbah batok kelapa selain dipakai untuk dibuat menjadi arang ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kerajinan cangkir lho. Membuat kerajinan cangkir dari bahan batok kelapa gampang-gampang susah, gampangnya terdapat pada bahan yang tidak susah didapat yaitu tempurung kelapa atau batok kelapa, susahnya yaitu ada pada peralatannya seperti alat gergaji, mesin pengamplas dan juga pisau bor kecil.

Dalam proses membuat kerajinan batok kelapa ini kalian hanya perlu beberapa batok kelapa  atau tempurung kelapa yang memiliki ukuran sedang hingga besar karena membuat dengan 2 macam ukuran ada yang memiliki diameter 28 cm hingga 32 cm, untuk yang diameter 32 cm, memakai tutup atas sedangkan yang berdiameter 28 cm tanpa memiliki tutup di bagian atas. 

3. Briket Arang

Briket tempurung kelapa adalah salah satu pengembangan dari energi biomassa, namun pengembangan jenis perekat ini masih harus terus diteliti. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui karakteristik dari briket tempurung kelapa dengan berbagai jenis perekat briket. Briket arang umumnya dibuat dengan memakai alat pembuat briket oleh para produsen dan digunakan pada mesin briket arang.

Bahan dari pembuatan briket arang antara lain adalah serbuk gergaji, tempurung kelapa atau batok kelapa dan lem kanji (campuran dari tepung kanji dan air) dicampur dengan perbandingan serbuk gergaji 10% dan arang dari tempurung kelapa 90%. Pada saar proses pencampuran ditambahkan dengan lem kanji sebanyak 2,5% dari seluruh campuran arang dari serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

4. Teko dari Batok Kelapa

Semua orang pasti sudah tahu mengenai manfaat serta fungsi pohon kelapa pada kehidupan sehari-hari, dari mulai ujung daun hingga ujung akar. Misal daun kelapa untuk dekorasi, batok untuk dijadikan berbagai bahan untuk kerajinan batok kelapa.

Dan yang sudah kita ketahui bahwa dari batok kelapa kita sudah dapat menghasilkan beberapa jenis kerajinan tangan seperti, gelas, tas, piring batok, kancing, teko hias dan banyak lagi jenisnya. 

Itulah pembahasan pada artikel kali ini mengenai beberapa kreasi dari tempurung kelapa yang mudah dibuat dan dapat dijual.

Tagged ,