5 Tips Budidaya Ikan Tongkol Hasil Melimpah

Termasuk dalam kategori ikan tuna, ikan tongkol punya ukuran lebih besar, bentuk badan panjang, tidak bersisik, dan punya tekstur keras, banyak disukai sehingga budidaya ikan tongkol adalah peluang bagus.

Jika anda ingin melakukan budidaya ikan tuna dengan hasil melimpah, maka inilah beberapa hal yang bisa anda lakukan menurut website Suksespedia:

5 Tips Budidaya Ikan Tongkol Hasil Melimpah

1. Membuat Kolam Resirkulasi

Gunakan kolam resirkulasi untuk memulai budidaya, karena terbilang lebih aman dan ramah lingkungan. Buat kolam semirip mungkin dengan habitat aslinya, dengan suhu udara sedang atau hangat. Suhu idealnya adalah 25-27 derajat celcius. Anda juga membutuhkan pompa air dan timba, berfungsi menyaring kotoran pada kolam.

2. Seleksi Benih Ikan Tongkol

Setelah proses selesai, anda harus memperhatikan seleksi benih berkualitas. Pilih secara teliti dengan memperhatikan ciri-ciri fisik. Pindahkan pada kolam yang telah siap agar kandungan lemak pada ikan tongkol meningkat.

3. Pemberian Pakan Ikan

Proses selanjutnya adalah pemberian pakan. Budidaya ikan tongkol dapat anda lakukan dengan rajin memberi pakan ikan lain. Beberapa ikan yang disarankan adalah ikan pilchard atau ikan teri, mengapa? Kedua jenis ikan tersebut punya kandungan lemak sangat tinggi.

4. Pemijahan Tongkol

Pemijahan ikan tongkol terjadi secara alami, sehingga ada siklus per tahunnya. Saat memasuki masa pemijahan, indukan jantan akan mendatangi indukan betina. Letakkan indukan jantan dan betina pada kolam yang sama selama masa reproduksi.

Jika tongkol betina telah mengeluarkan seluruh telurnya, maka proses pemijahan telah selesai.

5. Panen Ikan Tongkol

Setelah selesai proses pemijahan, proses pemanenan ikan dapat anda lakukan. Jika anakan ikan tongkol sudah mencapai usia 4-6 bulan, maka lakukan pemanenan langsung dengan menangkap di kolam.

Pakai jaring insang, pancing tonda, dan pancing rawai tongkol untuk pemanenan secara hati-hati. Menangkap ikan secara manual seperti ini akan menjaga kondisi ikan tongkol tetap hidup, sehingga merupakan hasil panen segar.

Sekarang, anda sudah tahu banyak hal tentang bagaimana budidaya ikan tongkol dengan hasil melimpah. Untuk wilayah perairan pantai yang berpotensi, maka anda dapat mencoba cara tersebut.

Tagged ,