Cara Membuat Lemari Pakaian Sederhana dan Minimalis

Lemari adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan berbagai hal, salah satunya adalah pakaian. Coba saja bayangkan, jika tidak ada lemari atau tempat apapun yang digunakan untuk menyimpan pakaian, pastinya pakaian kita akan berserakan dimana-mana bukan? Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat lemari pakaian sederhana dan minimalis.

Alat & Bahan

  • Multipleks dengan tebal 18 milimeter sebanyak 3 lembar
  • Tripleks dengan tebal 6 milimeter sebanyak satu lembar
  • Lem putih
  • Lem kuning
  • HPL, decosit, melamin, sungkai untuk proses finishingnya
  • Sekrup panjang 5 atau 8 inchi
  • Engsel sendok / engsel kupu-kupu
  • Rel laci
  • Gergaji / serkel
  • Obeng plus / bor listrik
  • Palu 
  • Siku besi
  • Meteran 
  • Pensil kayu (bukan mekanik) untuk penanda.

Cara Membuat

  1. Buatlah sketsa lemari dengan dua pintu dengan kertas dengan berukuran standar 60 cm x 120 cm x 200 cm. Lebar bagian samping 60 cm, lebar bagian depan 120 cm dan tingginya 200 cm.
  2. Siapkan juga multipleks dengan tebal 18 milimeter sebanyak 3 buah untuk dipakai membuat bagian dari samping lemari. Potonglah panjang dan lebarnya  dengan ukuran 200 cm x 60 cm. 3 tripleks ini akan digunakan untuk membuat lemari dengan dua pintu.
  3. Jadi 3 lembar tripleks tersebut nantinya akan dipakai untuk membuat dua sisi luar dan juga satu sisi dalam atau yang disebut sekat. Tripleks pada bagian dalam panjangnya akan dikurangi 15 cm untuk membuat bagian dasar dari lemari.
  4. Siapkan tripleks 2 lembar untuk bagian dasar serta atas lemari. Masing-masing  berukuran sekitar 120 cm x 60 cm.
  5. Tambahkan juga komponen rak lemari sesuai dengan keinginan.
  6. Rakitlah bagian rak dan bagian gantungan memakai lem serta sekrup memakai bor listrik.
  7. Potonglah 1 lembar triplek 4 mm untuk membuat sisi belakang. perkuat dengan memakai paku.
  8. Buatlah komponen pintu lemari. Ukurlah lalu potong triplek. Setelah sudah pas, pasangkan pintu lemari. tambahkan ornamen seperti, cermin, pegangan pintu dan juga kunci.
  9. Untuk finishing, bisa menggunakan cat atau dengan bahan pelapis HPL.
  10. Kayu sisa dapat kalian hancurkan memakai mesin penghancur kayu dan dapat didaur ulang.

Tips dalam Pembuatan Lemari

1. Pakai Gergaji Khusus

Gergaji yang paling cocok untuk memotong triplek plywood, multipleks adalah gergaji jigsaw. susunan dari mata gergaji ini sesuai dengan sifat triplek dan sudah dilengkapi konfigurasi kombinasi, sudut dalam jumlah tertentu.

Apabila Anda menggunakan gergaji table circle saw, posisikanlah permukaan dari tripleks multiply yang rata pada bagian atasnya. Apabila Anda menggunakan gergaji dengan jenis portable circle saw, permukaan rata dari tripleks harus terletak di bagian bawah.

2. Rapikan Sisi Luar Tripleks

Haluskan sisi luar tripleks pada terlebih dahulu supaya mendapatkan garis potong yang bagus. Sebab kondisi di bagian luar tripleks tidak terlalu halus karena berbenturan saat proses produksi atau saat waktu pengantaran.

Cara untuk menghaluskan sisi luar pada tripleks adalah dengan cara membelah salah satu bagian pada sisi panjang dan lebar tripleks memakai mesin bubut kayu sejauh kurang lebih 10 mm sebelum dipotong.

3. Pasang Selotip Sepanjang Garis Potong

Tempelkan selotip sepanjang garis potong pada tripleks sebelum proses pemotongan. Hal ini berfungsi agar saat memotong, lapisan vinyl pada tripleks tidak mudah untuk terkelupas. Supaya hasil pemotongan akan terlihat lebih rapi tanpa harus merusak lapisan vinyl. Cara yang seperti ini lebih cocok diterapkan pada pemotongan skala kecil supaya tidak membuang banyak waktu. 

 

Itulah pembahasan artikel kali ini mengenai cara membuat lemari pakaian sederhana dan minimalis.

Tagged ,