Cara Membedakan Kulit Asli dan Sintetis dengan Tepat

Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, maka akan semakin muncul produk-produk kulit yang kualitasnya sangat bagus sehingga tampak asli. Namun, terkadang hal tersebut dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk mematok harga yang terlalu tinggi padahal kulit yang digunakan bukanlah asli. Untuk itu, ada beberapa cara membedakan kulit asli dan sintetis yang bisa Anda pahami di bawah ini.

1. Cium Aroma Kulit

Sama halnya dengan kulit manusia, produk yang dibuat menggunakan kulit asli juga akan memiliki bau yang mencolok dan khas. Apabila Anda masih kurang yakin dengan bau yang dapat menjadi tanda bahwa kulit tersebut adalah asli, maka ciumlah aroma produk tersebut. Produk yang memiliki kulit asli akan beraroma khas, sedangkan produk sintetis akan memiliki bau seperti plastik.

 

2. Cek Tekstur Kulit

Apabila dilihat dari segi teksturnya, kulit asli cenderung mempunyai tekstur yang terlihat tidak sempurna apabila dibandingkan dengan produk berkulit sintesis. Apabila Anda merasakannya dengan tangan, bagian belakang kulit sintetis akan tampak memiliki tekstur seperti kain.

Terdapat jasa pembuatan seragam yang menggunakan bahan sintetis seperti jasa Konveksi.co, dan mereka pun akan mematok harga yang sesuai bukannya melakukan manipulasi harga. Dengan itu, Anda dapat mendapatkan produk sintesis yang berkualitas bagus dan tidak menipu konsumen dengan memberikan label kulit asli pada produknya. Selain jas kulit, konveksi.co juga memproduksi jas almamater, jas pengantin dan jas lainnya.

 

3. Perhatikan Kerutan Kulit

Salah cara membedakan kulit asli dan sintetis yang paling efektif adalah dengan memperhatikan kerutannya. Apabila kulit yang ditekan menghasilkan kerutan, maka kulit tersebut adalah asli karena kulit sintetis tidak mempunyai elastisitas seperti halnya kulit asli. Namun, perlu diketahui bahwa ada pula tipe kulit asli yang memang tidak bisa menghasilkan kerutan karena memang sedikit lebih keras.

 

4. Periksa Label Kulit

Memeriksa label merupakan salah satu cara yang bisa dibilang termasuk paling mudah dilakukan ketika Anda ingin membuktikan keaslian kulit. Produk yang dibuat dari kulit asli cenderung akan memiliki label yang menunjukkan bahwa mereka memang membuatnya dari kulit asli.

 

Itulah 4 cara membedakan kulit asli dan sintetis yang bisa Anda ketahui. Karena teknologi semakin canggih, alangkah lebih baik apabila Anda bisa membekali diri dan mampu membedakan kedua benda tersebut.

Tagged , , ,